Health

12 Penyembuhan Alami untuk Inkontinensia atau Kehilangan Kontrol Kandung Kemih

Incontinence (1)

Inkontinensia adalah kondisi dimana seseorang tidak dapat mengontrol buang air kecil. Penderita kehilangan kontrol kandung kemih. Akibatnya, urin keluar tiba-tiba dan mereka harus menggunakan popok ketika mereka mengalami penyakit ini. Hanya sedikit orang yang mau membicarakan inkontinensia karena merasa malu bahkan frustrasi, namun inkontinensia merupakan hal yang sangat umum dan dapat menyerang pasien di segala umur. Penyakit ini biasanya menyerang wanita daripada pria, karena uretra pada perempuan lebih pendek daripada laki-laki.

Ada obat-obatan dan operasi yang dapat membantu inkontinensia, tergantung pada penyebab masalahnya, namun ada pilihan lain. Olahraga, perubahan gaya hidup, dan mungkin bahkan beberapa suplemen pun bisa membantu. Berikut adalah 12 cara menyembuhkan inkontinensia yang perlu dipertimbangkan.

Latihan kegel

Latihan kegel – yang melibatkan peregangan otot yang sama yang Anda gunakan untuk menghentikan aliran kencing – berada di urutan teratas dalam daftar penyembuhan ini.

“Kegel sangat berguna untuk tahap awal inkontinensia, dan setelah operasi perbaikan untuk mempertahankan kekuatan dasar panggul dari waktu ke waktu,” kata Philippe Zimmern, MD, seorang profesor urologi di UT Southwestern Medical Center di Dallas.

Seorang terapis fisik dapat memberi tahu Anda bagaimana melakukannya dan seberapa sering. Anda mungkin melihat kemajuan setelah 6 sampai 12 minggu latihan yang berkelanjutan. Dan Anda harus terus melakukan latihan untuk mempertahankan manfaatnya, Dr. Zimmern menjelaskan.

Basic-Kegal-Exercises-And-Their-Benefits_FT-770x402

Menjaga kebugaran

“Menurunkan berat badan jika Anda kelebihan berat badan merupakan langkah penting untuk mengurangi tingkat keparahan inkontinensia Anda,” kata Dr. Zimmern.

Kelebihan lemak perut memberi tekanan pada kandung kemih dan otot panggul. Meluruhkan beberapa kilogram jika Anda kelebihan berat badan bisa membantu mengembalikan kontrol kandung kemih Anda.

Latih kandung kemih Anda

Anggap saja ini sebagai kamp pelatihan kandung kemih. Meski kedengarannya sederhana, melatih kandung kemih Anda membutuhkan kesabaran.

Kuncinya adalah untuk belajar bagaimana menunda kebutuhan untuk bergegas ke kamar mandi. Pada awalnya, usahakan menunda buang air kecil selama 10 menit dan tingkatkan hingga 20 menit. Akhirnya Anda dapat meningkatkan waktu sehingga Anda dapat dengan nyaman menggunakan kamar kecil setiap empat jam.

Dengan menyimpan catatan harian aktivitas ke kamar mandi dapat membantu Anda dan dokter Anda untuk terus mengawasi pelatihan kandung kemih Anda.

Magnesium

Magnesium, mineral penting untuk otot dan fungsi saraf yang tepat, juga dapat mengurangi kekhawatiran terhadap inkontinensia.

Dalam sebuah studi kecil di Tel Aviv University di Israel, lebih dari separuh dari 40 wanita yang minum pil magnesium hidroksida dua kali sehari mengalami perbaikan pada inkontinensia urin mereka, dan tidak sering bangun pada malam hari untuk pergi ke kamar mandi.

Beberapa dokter percaya bahwa magnesium dapat mengurangi inkontinensia karena mengurangi kejang otot kandung kemih dan membiarkan kandung kemih mengosongkan seluruhnya.

Sertakan makanan kaya magnesium, seperti jagung, kentang, dan pisang dalam makanan Anda, tapi bicarakan dengan dokter Anda sebelum Anda mulai mengkonsumsi suplemen magnesium.

Vitamin D

Vitamin D meningkatkan asupan kalsium dan kesehatan tulang yang baik. Penelitian menunjukkan bahwa hal itu juga dapat mengurangi risiko inkontinensia.

Sebuah penelitian di tahun 2010 menemukan bahwa wanita berusia 20 tahun ke atas yang memiliki tingkat vitamin D yang berada dalam kisaran normal cenderung tidak memiliki jenis kelainan dasar panggul, termasuk inkontinensia.

Sayangnya, banyak wanita kekurangan vitamin dari sinar matahari ini. Pastikan untuk memenuhi kebutuhan harian Anda (600 IU vitamin D sehari untuk wanita) dengan susu yang diperkaya vitamin D, telur, dan ikan.




Biofeedback

Selama biofeedback, sensor listrik memonitor otot dan memungkinkan Anda merasakan apa yang terjadi di tubuh Anda, dan membuat perubahan yang mengurangi inkontinensia.

“Terapis fisik menggunakan biofeedback untuk membantu pasien memahami otot apa yang harus mereka kontraksikan selama latihan Kegel, dan memperbaiki kinerja otot-otot ini dengan memberikan umpan balik visual kepada pasien selama sesi latihan,” kata Dr. Zimmern. “Ini sangat bermanfaat secara umum, namun berpotensi sedikit mahal, dan membutuhkan ketekunan pada pihak pasien.”

Biofeedback

Pessary atau alat bantu pencegah inkontinensia

Pessary adalah alat seperti cincin yang dimasukkan ke dalam vagina untuk mengangkat dan menopang vagina dan kandung kemih. Hal ini dapat membantu mengurangi inkontinensia stres, jenis inkontinensia yang berhubungan dengan batuk atau olahraga.

“Beberapa perangkat untuk vagina dirancang untuk menopang leher kandung kemih, dengan cara kerja yang sama seperti tampon,” kata Dr. Zimmern. “Mereka membutuhkan kebersihan yang baik dan terkadang diperlukan penggunaan krim hormonal untuk menghindari iritasi pada dinding vagina.”

Pessary dapat bertahan selama sekitar satu minggu, dan beberapa wanita akhirnya menggunakan perangkat ini tanpa batas waktu.

pessaries-400x400

Berhenti merokok

Jika Anda memerlukan alasan lain untuk berhenti merokok, tambahkan “penangkal inkontinensia” ke dalam daftar. Nikotin bisa mengiritasi kandung kemih.

Sebuah studi kecil yang dilakukan di Aristotelian University of Thessaloniki di Yunani menunjukkan bahwa perokok berat lebih cenderung menderita inkontinensia daripada yang bukan perokok.

“Perokok cenderung batuk lebih dari non-perokok dan batuk kronis jangka panjang telah dianggap sebagai faktor risiko berkembangnya inkontinensia urin stres dan prolaps atau turunnya organ panggul,” kata Dr. Zimmern.

Akupunktur

Jika Anda mengalami inkontinensia, Anda mungkin bisa mempertimbangkan akupunktur. Amber Addison, ahli akupunktur berlisensi, telah bekerja dengan pasien inkontinensia di tempat praktik pribadinya di Greenville, SC.

Ketidakseimbangan itu berasal dari bukan hanya kandung kemih dan ginjal tapi dari bagian tubuh lainnya seperti paru-paru dan jantung, kata Addison. “Sebagian besar adalah kombinasi dua atau lebih ketidakseimbangan sistem yang menyebabkan kandung kemih terlalu aktif.”

Sementara Addison menekankan bahwa ini bukan pengobatan yang cepat, dia meyakinkan, “Saya telah berhasil menyembuhkan setiap orang yang menderita inkontinensia yang datang kepada saya.”

Hipnoterapi

Dalam hipnoterapi, seorang hipnoterapis menempatkan pasien dalam keadaan relaksasi yang dalam dan konsentrasi tinggi. Keadaan ini dapat membantu pasien merasakan lebih banyak kendali tubuh – dalam hal ini kontraksi otot dan kandung kemih.

Dalam sebuah penelitian yang telah berlangsung puluhan tahun yang dipublikasikan di British Medical Journal, dari 50 wanita yang menjalani 12 sesi hipnoterapi dalam satu bulan, sebagian besar menunjukkan kemajuan.

Penelitian yang lebih baru belum begitu menunjukkan hasil positif. Meski begitu, para peneliti nampaknya berpikir hipnoterapi memiliki potensi menyembuhkan inkontinensia.

Hindari kafein

Kafein, yang bersifat diuretik, dapat menyebabkan iritasi kandung kemih dan merangsang kontraksi otot, yang keduanya dapat menyebabkan inkontinensia.

“Kafein dikenal untuk merangsang otak, dan karena kontrol kandung kemih ada di lobus frontal otak kita, ia juga memiliki efek rangsang pada kandung kemih, disertai dengan sedikit efek diuretik,” kata Dr. Zimmern. “Sebaiknya hindari atau batasi konsumsinya saat Anda mengalami inkontinensia, terutama yang membentuk dorongan untuk buang air kecil.”

Tetap terhidrasi

Kedengarannya berlawanan dengan kenyataan jika Anda harus selalu pergi untuk buang air kecil, tapi minum cukup air dan cairan lainnya sangat penting dalam mengelola inkontinensia.

Jika Anda tidak tetap terhidrasi, Anda mungkin berakhir dengan sembelit, yang bisa mengiritasi kandung kemih dan menyebabkan inkontinensia. Dr. Zimmern merekomendasikan minum antara enam dan delapan gelas cairan sehari. Pastikan untuk minum banyak air di siang hari, jadi Anda tidak membuat diri Anda bergegas ke kamar mandi pada malam hari.

Dan, ingatlah semua cairan yang Anda minum, bukan hanya air, kata Dr. Zimmern. Beberapa cangkir kopi, soda, dan minuman lainnya yang Anda minum juga terhitung dalam batas delapan gelas itu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Paling Populer

Get Health & Fitness Tips to Your Inbox:

Follow us yah !

Copyright © 2016 All Rights and Contents Reserved by FatFit.net

To Top