Mums

5 Hal yang Perlu Diwaspadai Terhadap Gigi Anda Selama Kehamilan

BeyoncePregnant

Menurut dokter gigi.

Saat para calon ibu menyadari pentingnya menjaga gaya hidup sehat, dan merawat tubuh mereka selama kehamilan, mereka mungkin tidak tahu tentang efek yang dimiliki oleh kehamilan terhadap gigi dan gusi mereka. Pikirkan gigi berlubang, enamel gigi yang rusak, dan bahkan penyakit periodontal.

Meski kepercayaan kuno ‘tambah satu anak, hilang satu gigi’ mungkin sedikit berlebihan, ada hubungan antara kehamilan dan masalah gigi. Dokter gigi Australia terkemuka dan konsultan Oral-B, Clinical Associate Professor Matt Hopcraft membagikan beberapa kekhawatiran terbesar yang harus diperhatikan oleh para calon ibu, dan tips tentang cara untuk menjaga kesehatan mulut yang baik selama kehamilan.

    Morning sickness

Morning sickness adalah yang paling umum selama trimester pertama kehamilan dan dapat meningkatkan kadar keasaman dalam mulut Anda, sehingga menyebabkan erosi pada enamel gigi.

Daripada menyikat gigi segera setelah terjadinya morning sickness, bilas mulut Anda dengan air terlebih dahulu. Ini akan memberikan waktu bagi air liur Anda untuk menetralkan efek asam, dan kemudian sikat gigi Anda sekitar 60 menit kemudian.

    Perubahan hormonal

Selama kehamilan, perubahan hormonal dengan estrogen dan progesteron dapat menyebabkan lebih banyak darah mengalir ke gusi, membuat mereka lebih rentan terhadap bakteri plak. Hal ini dapat menyebabkan gusi menjadi meradang, membengkak dan mudah berdarah.

Jika gusi Anda sangat sensitif, cobalah benang gigi lembut yang menyelip dengan mudah dan nyaman di antara gigi, dan pastikan Anda mencari pasta gigi yang membahas masalah kesehatan gigi Anda yang utama.

    Sering makan

Selama kehamilan, wanita cenderung makan dan minum lebih sering. Dan dengan nafsu makan yang lebih besar ini datanglah asupan gula yang lebih sering dan peningkatan risiko gigi berlubang.

Sangat penting selama kehamilan untuk tetap rutin menjaga kesehatan gigi, termasuk menyikat gigi selama dua menit, dua kali sehari dan menggunakan benang gigi secara teratur, memberikan perhatian khusus pada gigi belakang Anda yang cenderung memiliki lebih banyak plak karena mereka lebih sulit untuk dijangkau.




    Diet Sehat

Apa yang Anda makan selama kehamilan dapat mempengaruhi tidak hanya kesehatan dan kesejahteraan Anda, tetapi juga perkembangan bayi Anda.

Mempertahankan nutrisi yang baik dengan mengkonsumsi berbagai makanan yang sehat dan mendapatkan banyak kalsium, fosfor, protein, vitamin A, vitamin D, dan vitamin C.

Sangat penting untuk tetap menempatkan pada posisi teratas akan asupan kalsium Anda antara bulan tiga dan enam kehamilan Anda karena ini adalah ketika gigi bayi Anda mulai berkembang.

Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan menambahkan makanan yang kaya kalsium dalam diet Anda seperti susu dan sayuran hijau – mengapa tidak mencoba memasak brokoli & omelet feta yang lezat untuk sarapan, atau bayam dan ricotta quiche untuk makan malam. Buatlah ekstra dan dapatkan sisanya untuk makan siang!

    Takut dokter gigi

Meskipun Anda mungkin memiliki keragu-raguan untuk mengunjungi dokter gigi, dampaknya bisa jauh lebih serius dengan adanya bayi di dalam kandungan.

Tentu saja – saya sarankan pemeriksaan rutin sebelum, selama dan setelah kehamilan Anda. Sangat penting untuk menjadwalkan kunjungan ke dokter gigi Anda sebelum Anda hamil untuk mengatasi masalah gigi yang sudah ada, dan jika berkunjung selama trimester pertama Anda, biarkan mereka tahu Anda sedang hamil dan pergilah untuk check-up dan pembersihan rutin.

Check-up sederhana ini akan memastikan bahwa setiap masalah Anda yang mungkin berkembang saat hamil dapat diketahui sejak dini dan diobati dengan mudah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Paling Populer

Get Health & Fitness Tips to Your Inbox:

Follow us yah !

Copyright © 2016 All Rights and Contents Reserved by FatFit.net

To Top