Diets

Apa Itu 5:2 DIET? Yes or No ?

5and2Diet

Para Ahli Memberikan Pertimbangan Pada 5:2 DIET.

Buku 5:2 Diet dari Dr Michael Mosley masih berada di peringkat atas chart buku di seluruh dunia. Makan berselang adalah makan secara normal, tapi bijaksana, selama lima hari dalam seminggu; kemudian dua hari lainnya, Kamu harus mengurangi asupan kalorimu  menjadi seperempat- 500 untuk wanita dan 600 untuk laki-laki.

Bagus, kata Amanda Salis, seorang neuroscientist yang memiliki ketertarikan dengan diet.

Diet dengan makan berseling seperti diet 5:2 adalah sebuah metode yang dapat membantumu mengurangi berat badan secara efektif, mengingat makan hanya di waktu tertentu dikatakan dapat mengontrol berat badan serta kesehatan.

Beberapa percobaan telah dilakukan untuk melihat keefektifan makan berseling dan berikut beberapa manfaat yang ditemukan:

Diet ini mengajarimu menemukan cara lain untuk tidak terlalu banyak makan, dan merasa tenang serta senang selain dengan makan.

Diet ini membantumu menghilangkan kebiasaan yang tidak diperlukan seperti makan snacks di jalan atau minum kopi yang dicampur dengan banyak cream tanpa menikmatinya.

Saat Kamu berhenti diet dan makan dengan normal, Kamu akan menyadari betapa nikmatnya makanan yang bernutrisi itu dan hal itu membuatmu merasa senang. Setelah makan dan Kamu merasa bahwa energimu sudah meningkat, selanjutnya Kamu pun bisa lebih mudah untuk makan dengan baik.

Diet ini dapat membantu menyesuaikan kembali kemampuanpun untuk mengenali kapan tubuh merasa lapar dan kenyang. Mungkin Kamu berpikir bahwa Kamu tetap makan banyak saat Kamu tidak sedang diet, dan kembali menambah berat badan, tapi penelitian klinis menunjukkan bahwa pada hari-hari setelah diet, para peserta cenderung makan lebih sedikit dari biasanya dan mengalami penurunan berat badan seiring berjalannya waktu.



Jika berat badanmu naik, memulai diet makan berselang ini akan membantu pengurai lemak dalam tubuh melakukan tugasnya; hal ini membuatmu gelisah dan tidak terlalu lapar sehingga Kamu bisa mengembalikan berat badan yang Kamu inginkan.

Diet ini cukup menyenangkan dan produktif. Saat Kamu tahu bahwa energimu akan dibatasi, Kamu akan lebih fokus pada hal yang penting saja dan menginggalkan segala hal yang membuang waktu.

Metode diet 5:2 bukanlah satu-satunya cara untuk menurunkan berat badan. Salis telah melakukan percobaan pada dirinya sendiri dengan hanya makan di siang hari dan berhasil menurunkan berat badan sebanyak 2 kilogram. Segala hal yang membuatmu tidak makan atau sedikit makan pada jangka waktu tertentu memang cenderung memberikan manfaat. Jika Kamu ingin melakukan diet semacam itu, lakukanlah dengan aman. Konsultasikan dengan doktormu, cobalah untuk mengontrol asupan protein sekitar 1 gram per kilo berat badan dan lakukan olahraga secara teratur meskipun hanya dengan berjalan kaki. Selain itu ajaklah orang lain untuk melakukan diet tersebut bersamamu.

Tidak Bagus- kata Katarina Setiawan, seorang praktisi ahli diet.

Menurut Katarina, masyrakat tidak menyadari betapa sedikitnya jumlah makanan yang harus dikonsumsi dengan membatasi kalori hanya sebanyak 500 dalam sehari, dimana hal ini berarti mereka tidak bisa makan pempek, martabak , kueh putu, dan makan diluar.

Bahkan jika Kamu bisa makan dengan sangat sehat dalam sehari, berarti Kamu hanya boleh makan dua telur dan beberapa jamur (tidak dengan roti panggang) untuk sarapan, kemudian 60 gram hingga 80 gram ayam rebus dan sedikit salad untuk makan siang serta ikan putih yang dipotong kecil dengan sedikit salad untuk makan malam. Akan tetapi, kebanyakan orang tidak terlalu mampu mengkonsumsi makanan seperti itu dan cenderung lebih suka minum kopi untuk sarapan dan makan siang kemudian sepotong pizza saat makan malam.

Apapun pilihan makanannya, siapapun yang mencoba untuk melakukan aktivitas normal seperti bekerja, berolahraga, menyetir atau mengoperasikan mesin dengan 500 kalori akan merasa sangat lelah dan tidak fokus- yang tentunya berbahaya jika Kamu sedang mengoperasikan gergaji.

Katarina mengakatan bahwa penelitian yang dilakukan oleh University of Illinois di Amerika telah menunjukkan bahwa mereka yang melakukan diet tersebut secara regular hanya 10 persen saja merasa ingin makan yang banyak dalam porsi makan normal mereka saat mereka sedang tidak diet. Menurutnya, sebagai ilmuwan makanan, mereka tidak bisa hanya bergantung dengan satu peneltitian. Selain itu, ada banyak orang yang masih suka makan sebungkus biskuit dalam satu waktu atau makan 180 persen dari kebutuhan makan sehari-hari mereka, yang tentunya berat badan tidak bisa menurun dengan diet tersebut.



Hal lain yang mengkhawatirkan, menurut Katarina, adalah manusia bisa mengalami kondisi ketosis saat sedang tidak makan dalam waktu lama (ketika tubuh memiliki tingkat pembakaran lemak yang sangat tinggi). Jika hal itu terjadi, zat-zat kimia dapat dikeluarkan melalui aliran darah dan banyak orang yang mengalami perasaan yang menakjubkan. Akan tetapi jika kamu punya anak perempuan remaja yang terlalu sering melakukannya- ingin mendapatkan berat badan ideal dan memperpanjang dietnya hingga tiga sampai empat hari- mungkinkah hal ini bisa berakhir?

Sebagai Ibu, mengajak anak untuk makan bersama dengan keluarga itu penting, agar orangtua bisa menjadi contoh yang baik. Pada akhirnya, yang perlu Kamu lakukan untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi 100 kalori- hal ini tidaklah sesulit yang dibayangkan.

Program diet yang sukses membutuhkan perubahan gaya hidup yang signifikan, tapi dengan terus mengulang-ulang diet seperti yang telah dijelaskan, sama saja dengan tidak adanya perbaikan hubungan antara pelaku diet dengan makanan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Paling Populer

Get Health & Fitness Tips to Your Inbox:

Follow us yah !

Copyright © 2016 All Rights and Contents Reserved by FatFit.net

To Top