Nutrition

Apa Sih Sebenarnya “Clean Eating” Itu?

 

Clean_Cooking

Clean Eating itu bukannya makan cupcake sambil mengepel lantai lho!
Clean Eating merupakan sebuah metode diet dimana makanan yang Kamu konsumsi tidak terlalu banyak diproses atau dimasak.

Jadi makanannya tetap utuh hanya dengan melalui sedikit proses pematangan atau pengolahan sehingga kondisinya hampir sama dengan yang bentuk alaminya sebelum dimasak.

Ini dia lima cara untuk memperbaiki dietmu hari ini.

Kurangi Makanan Olahan

Buah dan sayuran yang langsung dipetik dari pohonnya adalah makanan yang masih utuh. Begitu juga dengan telur, daging, ikan dan ayam serta kacang-kacangan seperti buncis. Makanan olahan adalah makanan yang nutrisi di dalamnya sudah mengalami perubahan seperti sosis, daging asap dan salami.

Pilih yang Mentah atau Agak Mentah

Kacang-kacangan dan biji-bijian mentah serta gandum utuh mengandung serat dan vitamin alami yang menyehatkan. Contoh makanan tersebut adalah biji gandum, jewawut, amaranth, barley, gandum hitam, jagung, regular oats, nasi merah, biji-bijian seperti chia, biji bunga matahari dan wijen.

Hati-Hati dengan Bahan Makanan Tambahan

Makanan yang masih fresh (khususnya makanan yang tidak diberi label komposisi) mengandung garam, lemak dan gula yang alami sehingga tidak memerlukan tambahan lagi. Makanan alami seperti minyak zaitun juga seharusnya mengandung bahan baku yang sangat sedikit dan sederhana pada labelnya, bukannya malah mengandung berbagai jenis komposisi sehingga labelnya terdiri dari beberapa daftar bahan tambahan.

Masak dengan Bahan Alami

Meskipun hal ini mungkin tidak mudah dilakukan, namun masak dengan bahan yang alami merupakan cara yang tepat untuk melakukan diet Clean Eating.




Gunakan bumbu dan makanan yang segar seperti bawang merah dan bawang putih serta sayuran dan daging segar, misalnya ikan dan ayam untuk menghindari penggunaan saos yang sudah dikemas dalam botol.

Batasi Dirimu

Daripada menghabiskan waktu memilih-milih makanan kemasan, lebih baik beli buah dan sayur segar serta susu dan yogurt. Indra perasamu akan terasa lebih hidup karena tidak lagi terbiasa dengan rasa gula yang ada di dalam makanan kemasan.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Paling Populer

Get Health & Fitness Tips to Your Inbox:

Follow us yah !

Copyright © 2016 All Rights and Contents Reserved by FatFit.net

To Top