Beauty

Apa yang Harus Dilakukan dengan Bintik-bintik Hitam di Wajah Anda

laser-hyperpigmentation-treatment

Hiperpigmentasi, yang pada dasarnya merupakan area perubahan warna yang lebih gelap, bisa berbentuk bintik atau noda hitam, bekas luka yang tertinggal setelah jerawat hilang, atau bahkan bercak coklat yang tidak rata di wajah Anda.

Hiperpigmentasi relatif umum. Misalnya, melasma, yang merupakan jenis hiperpigmentasi yang nyata dalam bentuk bercak-bercak gelap di pipi dan dagu, mempengaruhi banyak orang usia dewasa. Meskipun kelebihan pigmentasi pada umumnya tidak berbahaya, tapi bisa jadi sulit untuk diobati.

Apa itu hiperpigmentasi?

Hiperpigmentasi terjadi bila ada perubahan warna pada kulit, karena terlalu banyak melanin yang telah diproduksi. Faktor-faktor seperti sinar UVA di bawah sinar matahari “menghidupkan” sel pembuatan pigmen Anda yang disebut melanosit, yang kemudian memompa melanin untuk melindungi kulit Anda. Sementara itu berarti akan membuat kulit jadi coklat bagi banyak orang, proses tersebut juga dapat menyebabkan bintik dan bercak gelap muncul di area yang sangat terbuka. Terkadang, noda-noda ini bisa memakan waktu satu atau dua dekade untuk muncul, jadi jika Anda mengalami hiperpigmentasi pada penampilan Anda sekarang, kerusakan ini sebenarnya mungkin berasal dari masa anak-anak atau masa remaja Anda.

Mengapa saya mengalami hiperpigmentasi?

Terlalu banyak menghabiskan waktu di bawah sinar matahari adalah penyebab utama hiperpigmentasi. Kondisi tersebut juga bisa diperburuk dengan hormon yang berkombinasi dengan paparan sinar matahari, serta hormon dari kehamilan atau pil KB. Sebuah studi pada tahun 2016 terhadap wanita di Jerman dan China juga menghubungkan gas buangan yang menyebabkan polusi udara dengan pembentukan bintik-bintik gelap pada kulit, yang terutama sering dialami oleh penduduk kota besar.




Dari mana hiperpigmentasi muncul?

Karena pengaruh hormon, wanita cenderung mengalami hiperpigmentasi lebih sering daripada pria. Bintik hitam dan noda yang tidak rata biasanya tumbuh di pipi, dahi, bibir atas, hidung, dagu, dan area wajah lainnya yang terpapar sepanjang tahun oleh sinar matahari. Pada tubuh, biasanya terlihat di daerah kulit yang tipis dulu yang memiliki perlindungan kurang alami, seperti pada dada bagian atas dan punggung tangan.

Bagaimana cara menghilangkan hiperpigmentasi?

Lotion yang mengandung niacinamide, vitamin C, atau agen pencerah kulit hydroquinone adalah cara yang disukai ahli kulit untuk mengobati hiperpigmentasi. Produk perawatan kulit ini bisa diresepkan, atau banyak pilihan produk yang mengandung bahan-bahan ini yang tersedia bebas di toko-toko obat. Bagaimanapun, sangat penting untuk menerapkan pengobatan setiap hari untuk melihat hasilnya. Untuk pengobatan yang lebih kuat dengan hasil cepat, ahli kulit merekomendasikan laser Revlite kepada pasiennya, yang menggunakan perawatan dengan sinar untuk meningkatkan pertumbuhan kolagen alami dan perputaran sel.

Apapun cara yang Anda pilih, pencegahan adalah sangat penting untuk menikmati hasilnya dan menjaga agar tidak muncul kembali. Yang terpenting, gunakan tabir surya dengan seng oksida berkonsentrasi tinggi setiap hari, hujan atau cerah, untuk mencegah hiperpigmentasi. Juga, lakukan perlindungan aman terhadap matahari seperti mengenakan topi atau payung di musim panas untuk menaungi wajah Anda dan tidak berjemur di tengah hari, saat sinar matahari sedang panas-panasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Paling Populer

Get Health & Fitness Tips to Your Inbox:

Follow us yah !

Copyright © 2016 All Rights and Contents Reserved by FatFit.net

To Top