Fitness

Apa Yang Lari Dalam Pikiranmu Saat Lari?

Waktu yang kita luangkan untuk berlari dapat dimanfaatkan dengan berbagai cara. Kita dapat menggunakannya sebagai saat untuk bermeditasi, untuk membakar kalori akibat makan malam semalam, atau untuk mempersiapkan diri menghadapi lomba berikutnya.

Sebelum kita memulai sesi lari berikutnya, coba luangkan waktu untuk menentukan fokus hari ini. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dipertimbangkan:

  1. Ganti Suasana

Jenis permukaan yang terlalu keras dapat menyebabkan masalah pada sendi atau cedera lainnya. Tapi jika kita berlari di permukaan yang terlalu lunak seperti pasir, resiko terhadap cedera lutut juga tinggi. Rumput atau tanah adalah jenis permukaan yang lebih ideal. Saat berlari, coba pikirkan apakah ada rute lain yang dapat kita coba untuk meringankan beban stres pada kaki.

  1. Pernapasan

Jika kita berlari untuk melepaskan pikiran dari hari yang berat, memfokuskan diri pada ritme napas dapat menjadi cara efektif untuk menjadikan sesi lari sebagai saat meditasi. Caranya sederhana saja, konsentrasikan pikiran agar kita menggunakan kapasitas paru-paru secara maksimal dan tarik napas yang dalam. Di saat yang bersamaan, buang pikiran negatif dari kepala kita.

51757a9f233ebaf829ef95d261848e21

  1. Lomba Terbaik

Saat kita berusaha untuk berlari lebih cepat, pikirkan lomba dimana kita merasa kita berlari dengan baik. Memutar ulang pengalaman tersebut akan menjadi cara jitu untuk mendorong diri lebih keras lagi.

  1. Pulihkan Diri

Nantikan periode recovery. Ketika berlari, rencanakan apa yang akan kita lakukan untuk memulihkan diri setelah berlatih.

  1. Gerakan Tangan

Apakah kita cenderung mengayunkan tangan secara berlebihan saat berlari di tanjakan? Apakah tubuh terasa kaku setelah lari? Lebih mudah untuk fokus pada gerakan kaki dibandingkan tangan, namun ayunan tangan juga merupakan aspek penting dalam postur tubuh saat berlari. Tangan kita seharusnya bergerak secara ringan dan santai saat kita berlari di kecepatan rendah. Jangan kencangkan genggaman tangan dan hindari ayunan tangan yang menyilangi tubuh.

 

 

 

  1. Melintasi Garis Finish

Visualisasi adalah taktik yang digunakan banyak pelari untuk menjaga semangat dan energi di tengah lari atau lomba. Bayangkan diri kita berlari dengan kuat saat melintasi garis finish. Energi positif ini akan berfungsi sebagai motivasi extra yang dibutuhkan tubuh dan mental.

  1. Shopping

Siapa yang tidak suka belanja perlengkapan lari? Setiap saat sepertinya ada hal berikut yang kita butuhkan. Saat berlari, pikirkan benda yang paling kita sukai dan buat rencana kapan kita akan membelinya.

  1. Makanan Favorit

Salah satu keuntungan menjadi seorang pelari adalah kita dapat menikmati post-run meal. Menjaga pola makan sehat adalah hal penting yang harus dijaga konsistensinya, namun sesekali kita diperbolehkan untuk menikmati makanan favorit kita – apapun itu. rencanakan sesi lari intens dan saat berlari pikirkan imbalan yang akan kita nikmati setelahnya.

  1. Hidrasi Setelah Lari

Sedang ingin menikmati Smoothie? Iced Coffee? Jus?

Source: Dunialari.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Paling Populer

Get Health & Fitness Tips to Your Inbox:

Follow us yah !

Copyright © 2016 All Rights and Contents Reserved by FatFit.net

To Top