Fitness

Apa yang Terjadi pada Tubuh Anda pada Saat Lari 30 Menit?

Lari 30 menit

Dalam beberapa detik pertama

Otot Anda mulai menggunakan adenosine triphosphate (ATP), molekul energi yang dihasilkan tubuh Anda dari makanan.

Anda merasakan ledakan energi? Ini adalah ATP yang dikonversi menjadi molekul bertenaga tinggi lainnya, adenosine diphosphate (ADP). Sel otot, ahli daur ulang, akan mengubah ADP kembali ke ATP setelah lonjakan awal.

Dalam 90 detik pertama

Untuk melepaskan lebih banyak ATP, sel Anda memecah glikogen, suatu bentuk bahan bakar glukosa yang tersimpan di otot Anda. Sel juga menarik glukosa langsung dari darah Anda (salah satu alasan olahraga sangat membantu dalam menangkis gula darah tinggi).

Tubuh Anda melahap lebih banyak glukosa, dan otot Anda melepaskan asam laktat, juga dikenal sebagai rasa panas akibat pembakaran, yang mengisyaratkan otak bahwa Anda berada di bawah tekanan fisik.




Beberapa Menit Berikutnya

Jantung Anda mulai berdetak lebih cepat dan mengarahkan darah menuju ke otot Anda dan jauh dari fungsi yang tidak Anda butuhkan saat ini, seperti pencernaan.

Untuk memanfaatkan glukosa dengan baik, sel otot Anda memerlukan masuknya oksigen. Ditandai dengan napas yang berat.

Saat Anda menjejakkan langkah Anda, otot tubuh Anda yang terbesar, gluteus maximus (yaitu pantat Anda), kaki Anda, dan otot inti Anda membantu membuat Anda tetap tegak, mengendalikan gaya berjalan dan kecepatan Anda, dan memperpanjang sendi pinggul Anda sehingga kaki Anda bisa bertolak dari tanah.

Anda mulai membakar kalori (secara umum, para pelari bekerja membakar kalori sampai sekitar 100 kalori per mil), termasuk beberapa yang mungkin telah tersimpan sebagai lemak.

Semua pembakaran glikogen dan oksigen ini meningkatkan suhu tubuh Anda. Untuk menenangkan Anda, sistem peredaran darah Anda mengalihkan aliran darah ke kulit Anda, memberi kulit Anda warna kemerahan yang sehat. Kelenjar keringat Anda mulai melepaskan kelembaban agar Anda tidak terlalu panas (inilah cara agar Anda tetap kering).

Dalam 10 menit

Jika Anda dalam kondisi yang prima, otot Anda dan suplai ATP-nya cukup banyak, dan tubuh Anda dapat secara efisien menggabungkan oksigen dan membakar lemak dan glukosa. Anda merasa kuat.

Namun, jika sebelumnya Anda sudah malas berolahraga, persediaan ATP Anda tidak dapat mengikuti kebutuhan. Anda tidak bisa menghirup atau mengolah oksigen cukup cepat, dan asam laktat mulai membanjiri tubuh Anda. Setiap menit terasa lebih seperti sebuah kerja keras. Tingkatkan daya tahan Anda dengan rencana lari selama enam minggu seperti ini.

Setelah 30 menit

Wah! Akhirnya selesai. Saat Anda berjalan melambat, kebutuhan energi Anda menurun dan tingkat pernapasan Anda berangsur-angsur kembali normal.

Kemungkinannya adalah, Anda merasa berenergi. Otak Anda telah memicu desakan hormon dopamin yang meningkatkan mood. Efek olahraga bisa begitu besar hingga bisa mengurangi keinginan mengidam coklat. Jangan khawatir, biarpun Anda masih suka menikmati makanan-makanan yang manis, Anda telah menciptakan beberapa ruangan di dalam cadangan persediaan glikogen Anda, jadi kalori ekstra itu cenderung tidak diubah menjadi lemak.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Paling Populer

Get Health & Fitness Tips to Your Inbox:

Follow us yah !

Copyright © 2016 All Rights and Contents Reserved by FatFit.net

To Top