Nutrition

Apakah Meminum Jus Sama Baiknya Dengan Memakan Buah?

Kita sering mendengarkannya berulang kali: Sebagai orang Indonesia, pola makan kita tidak baik. Kita tidak memakan buah dan sayuran dengan cukup.

Kita terlalu banyak memiliki sodium. Kita lebih banyak memakan gula daripada yang kita butuhkan. Hal tersebut berpengaruh pada masalah kesehatan. Namun, penelitian baru yang diterbitkan menemukan bahwa hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

Para peneliti menganalisa kebiasaan makan hampir 34.000 orang dari tahun 1999 hingga 2012 dan menemukan bahwa orang Indonesia mengkonsumsi lebih banyak gandum, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan.

Mereka juga menunjukkan bahwa orang Indonesia mengkonsumsi 100% jus buah dan sepertinya itu adalah hal yang baik.

fresh fruit juices vs whole fruits Buah Buahan vs Jus

Anda mungkin berpikir bahwa jus buah mengandung gula, namun Anda juga mengetahui bahwa jus buah tetaplah mengandung buah-buahan.

Menurut ahli diet, Sonya Angelone, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, jus buah memiliki kalori yang tidak cukup bagi tubuh kita. “Tubuh kita tidak mengenal kalori yang cair,” katanya. “Ini berarti kita tidak merasa puas dan memakan lebih banyak buah untuk menggantikannya.” Selain itu, memakan buah langsung juga membuat tubuh kita mendapatkan serat, yang mana jus buah tidak miliki.

Julie Upton, M.S., R.D., dari Appetite for Health mengatakan bahwa jus buah asli 100% adalah salah satu cara untuk mendapatkan manfaat dari buah-buahan. Ia mengatakan bahwa meminum jus sama baiknya dengan memakan buah-buahan.  “Jus mengandung nutrisi yang sama dengan buah, namun tanpa serat,” katanya. U.S. Dietary Guidelines mengatakan bahwa jus 100% buah dapat memberikan setengah sajian dari buah-buahan dan sayuran yang kita butuhkan perharinya.




Jus juga memiliki flavonoid dan carotenoid yang dapat membantu meningkatkan kesehatan. Selain itu, jus jugaa memiliki nutrisi seperti, vitamin A dan C, kalium, dan folat, sehingga jus tidak sama dengan soda, kata Upton.

Angelone setuju dengan gagasan itu. “Jus 100% buah dapat menyehatkan, namun hanya jika tidak terlalu banyak,” katanya. Dia menyarankan untuk meminum jus tidak lebih dari 6 ons perharinya dan memakan buah-buahan.

Anda tidak perlu khawatir untuk meminum jus karena jus memberikan nutrisi tambahan. Namun, tetap makan buah-buahan untuk meningkatkan kesehatan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Paling Populer

Get Health & Fitness Tips to Your Inbox:

Follow us yah !

Copyright © 2016 All Rights and Contents Reserved by FatFit.net

To Top