Kids' Health

Cara Mendorong Anak Remajamu Untuk Makan Sehat Dan Berolahraga

Mengajak remaja untuk melakukan sesuatu yang tidak mereka inginkan merupakan sebuah tantangan.

Tapi membiarkan mereka lalai dalam memilih makanan yang sehat bisa berdampak serius pada berat badan mereka.

Buka jendela di sore hari saat cuaca panas, dan dengarkan apa yang Kamu dengar. Kicauan burung? Lalu lintas yang padat? Atau anak-anak yang sedang tertawa? Kemungkinan besar sekarang ini Kamu mungkin akan mendengar kombinasi suara kicauan burung dan lalu lintas, tapi sayangnya, suara anak-anak seringkali tidak ada.

Semua ini berkat munculnya tren gaya hidup menetap dirumah, anak-anak di Indonesia menghabiskan lebih banyak waktu di dalam rumah dan menjadi tidak terlalu aktif daripada yang seharusnya. Ditambah lagi mereka lebih sering makan junk food sehingga tidak mengherankan jika anak-anak sekarang lebih gemuk daripada zaman dahulu. Berdiam diri di rumah lebih aman untuk anak dan memang lebih dianjurkan terlebih untuk remaja, namun mereka tetap harus aktif meskipun di dalam rumah.

teen12

Pola makan anak remaja sekarang ini khususnya berbeda dengan generasi yang lalu, dengan adanya makanan instan, makanan takeaway, dan makan diluar rumah yang menjadi bagian gaya hidup saat ini. Perubahan ini membuat para orangtua khawatir mengenai apakah anak mereka makan dengan baik dan mereka benar dengan merasa demikian. Dalam beberapa tahun terakhir, tingkat obesitas pada masa anak-anak telah mencapai peningkatan yang mengkhawatirkan di beberapa negara termasuk Amerika, Inggris dan Australia.  

Ada banyak faktor yang mempengaruhi berat badan anak remaja, karena pertumbuhan juga memicu perubahan konstan. Alasannya karena tubuh remaja tumbuh lebih cepat daripada fase usia lainnya, kecuali pada saat tahun pertama kehidupan. Perubahan-perubahan hormone menyebabkan pertumbuhan yang cepat dan memprakarsai munculnya perubahan fisik seperti pada dada, menstruasi pada anak perempuan dan rambut di wajah pada anak laki-laki.

Faktor Resiko

Remaja cenderung mengembangkan kepribadian, selera dan cara berpikir mereka karena mereka mulai menemukan siapa diri mereka dan mulai masuk ke dalam lingkungan mereka. Beberapa mulai mengekspresikan sikap mandiri mereka dengan meninggalkan kebiasaan makan yang sudah dilakukan dalam keluarga dan mengembangkan kebiasaan sendiri, dan pada fase kehidupan ini penampilan menjadi poin yang penting, bahkan pada banyak remaja berat badan dan bentuk tubuh juga menjadi prioritas.

Ada banyak konsekuensi disebabkan karena kegemukan pada remaja, seperti tidak percaya diri, depresi, menjadi bahan ejekan, dan meningkatnya resiko kegemukan saat dewasa. Ditambah lagi ada banyak bahaya kesehatan yang bisa ditimbulkan, dan Kamu bisa berakhir dengan berbagai potensi permasalahan.

Dokter Gary Deed, ketua dari Diabetes Australia, mengatakan bahwa penelitian menunjukkan olahraga teratur dan pola makan yang sehat pada tahap awal kehidupan dapat mengurangi resiko obesitas dan tekanan darah tinggi, dimana keduanya jika tidak diperiksa dapat memicu beberapa penyakit seperti sakit jantung dan diabetes tipe 2.

Dokter Deed pun menambahkan bahwa perkembangan faktor resiko sakit jantung, diabetes tipe 2 dan berbagai jenis kanker dimulai pada masa anak-anak dan berlanjut ke remaja hingga usia dewasa. Masih ada beberapa keuntungan lain dari memelihara pola makan sehat di usia remaja. Dalam hal menjaga kesehatan tulang, sangat penting untuk mendidik mereka sebanyak mungkin dari usia muda, itulah yang dikemukakan oleh Diabetes Australia.

Menurut Dokter Deed, selama usia remaja, tulang rangka masih tumbuh dan berpotensi menguat. Dengan memastikan bahwa anak mendapatkan nutrisi yang cukup dalam makanan sehari-hari, dan membantu mereka meningkatkan kekuatan tulang selama usia remaja, Kamu sama dengan membantu melindungi mereka dari efek penuaan seperti tulang rapuh dan osteoporosis, yang bisa memberikan penderitaan kelak di usia senja.

Mencoba mendorong anak untuk mengganti ayam goreng dengan salad atau sayur sayuran tidak selalu mudah, lalu apa yang seharusnya dilakukan orangtua? Julie Gilbert, praktisi diet terakreditasi yang berbasis di Queensland dan seorang Ibu dari beberapa anak remaja, mengatakan bahwa cara terbaik untuk mengatasi permasalahan berat badan anak remaja adalah cara yang positif. Tidak boleh ada omelan, makanan yang dilarang dan kritikan. Pemahaman, kasih sayang dan dukungan jauh lebih baik dalam membantu anak mengatasi permasalahan kesehatan.

Mengikutsertakan Seluruh Keluarga

Gilbert juga mengatakan bahwa mengajak seluruh keluarga untuk menjalankan gaya hidup sehat dan aktif beraktivitas akan membuat semuanya menjadi lebih mudah. Cobalah untuk membatasi menonton televisi dan bermain komputer, dan kurangi makanan manis serta berlemak tinggi agar dimakan sesekali saja.

Damien Kelly, ahli fitness dari body+soul, setuju bahwa mendorong anak untuk tidak terlalu banyak diam agar lebih banyak beraktivitas merupakan bagian penting untuk mengontrol berat badan mereka. Pada usia yang sangat penting, seperti usia remaja, olahraga memiliki peran yang sangat penting. Menurutnya, jika Kamu terbiasa berolahraga di usia remaja, maka seterusnya Kamu pun akan terus terbiasa melakukannya.

Namun Kelly pun juga mengingatkan bahwa cara ini tidaklah mudah. Remaja mulai memiliki banyak waktu dan pekerjaan, baik itu sekolah maupun kerja sampingan, hal sama yang juga terjadi pada orang dewasa. “Ini berarti rutinitas merupakan sebuah kerja keras, tidak lagi sekedar sesuatu yang berada diatas pangkuanmu.




Statistik pada masalah ini cukup menyakinkan. Jika seorang perempuan tidak aktif selama masa remajanya, hanya ada 10 persen kemungkinan dia akan aktif saat dewasa. Kelly mengatakan bahwa, bagi kebanyakan remaja, memiliki berat badan ideal merupakan sebuah pilihan yang harus mereka buat. Mempertimbangkan semua faktor dalam gaya hidup sangat penting untuk dilakukan. Menurutnya, Kamu tidak harus selalu benar, tapi cobalah untuk lebih banyak melakukan sesuatu yang baik.

Lima Cara Agar Remaja Lebih Banyak Beraktivitas

  1. Jika dimungkinkan, suruh anak berjalan atau bersepeda ke sekolah, atau ke rumah tetangga, daripada mengantarknnya dengan mobil. Selain itu, Kamu juga bisa menyuruhnya melakukan aktivitas tak terduga misalnya membeli barang di toko.
  2. Dukung anak untuk bergabung dengan beberapa aktivitas yang bermanfaat di sekolah ataupun olahraga.
  3. Jika anak suka melakukan aktivitas tertentu seperti bersepeda, cobalah untuk mendorongnya dan menjadikannya sebagai rutinitas sehari-hari.
  4. Ajak anak untuk berolahraga saat weekend
  5. Dorong anak untuk merencanakan aktivitas olahraga yang menantang dan memiliki tujuan tertentu, misalnya latihan berlari dengan anggota keluarga yang lain. Kuncinya adalah untuk menjadikan aktivitas tersebut menyenangkan, bukan berkompetisi sehingga mereka bisa menikmati olahraga tersebut.

Delapan tips unggulan dari Asosiasi Pakar Diet Australia untuk membantu remaja memilih makanan yang lebih sehat

  1. Ajak anak untuk sarapan, karena sarapan dapat meningkatkan kewaspadaan, konsentrasi dan performa kejiwaan serta membantu mereka lebih fokus dalam tugas sekolah dan olahraga.
  2. Ikutsertakan mereka saat berbelanja dan menyiapkan makanan sehat untuk meningkatkan ketertarikan mereka dalam menjalani diet yang sehat.
  3. Matikan TV dan berbincanglah dengan mereka saat makan malam. Penelitian menunjukkan bahwa dalam keluarga yang biasa makan malam bersama di rumah, anak cenderung makan makanan yang lebih bernutrisi dan lebih bervariasi.
  4. Berikan contoh yang baik, karena anak meniru kebiasaan orangtua.
  5. Simpan cemilan sehat di dapur, seperti buah kaleng atau buah segar, buah kering dan kacang-kacangan dalam kemasan kecil, beberapa bungkus popcorn, irisan keju dan beberapa tub yogurt.
  6. Beli cemilan yang tinggi lemak dan kalori seperti biskuit, permen, coklat dan makanan takeaway dalam jumlah sedikit dan jangan terlalu sering menyediakannya di rumah.
  7. Hindari soda, cordial, dan jus untuk diet, dan dorong anak untuk minum air putih serta susu rendah lemak.
  8. Ajak anak makan lebih banyak buah dan sayuran. Buatlah smoothie menggunakan buah, susu rendah lemak dan yogurt dan sajikan potongan sayur segar dengan saus rendah lemak sebagai alternatif cemilan sehat.

Lima Nutrisi Penting untuk Remaja

  1. Kalsium penting untuk kepadatan tulang, khususnya untuk perempuan. Sumber kalsium terbaik adalah susu, yogurt, keju, brokoli dan ikan dengan tulang yang bisa dimakan seperti salmon.
  2. Iron penting untuk mencegah penyakit kekurangan iron seperti anemia. Sumber iron terbaik adalah daging merah, daging unggas, ikan, sayuran dengan daun hijau tua dan serel gandum utuh.
  3. Lemak omega-3 mendukung perkembangan otak yang sehat. Sumber terbaik bisa ditemukan pada ikan dan seafood, kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak, misalnya canola.
  4. Zink penting untuk pertumbuhan, perkembangan dan imunitas. Sumber terbaik zink adalah daging, seafood, telur, makanan olahan susu, roti gandum dan sereal, sayur kacang dan kacang-kacangan.
  5. Vitamin B membantu mengeluarkan energi dari makanan. Sumber terbaiknya adalah buah, sayur, roti gandum dan sereal.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Paling Populer

Get Health & Fitness Tips to Your Inbox:

Follow us yah !

Copyright © 2016 All Rights and Contents Reserved by FatFit.net

To Top