How To Lose Weight

Cara Mengontrol Porsi Makan

Porsi makan Kita sudah meningkat sejak beberapa tahun terakhir. Dengan membuat beberapa perubahan sederhana, Kamu bisa mengurangi porsi makanmu.

Sisi ironis dari gaya hidup modern adalah dengan semakin berkembangnya teknologi dan Kita semakin bertambah sibuk dalam kehidupan sehari-hari, Kita sebenarnya tidak perlu banyak makan. Kenapa begitu? Ada banyak faktor yang membuat kenyataan ini semakin buruk. Yang pertama dan utama, semakin jarang Kita bergerak dan semakin banyak Kita menghabiskan waktu di depan komputer, semakin sedikit kalori yang dibakar di dalam tubuh. Kedua, banyaknya alat modern yang Kita gunakan, atau adanya pembantu yang mengerjakan beberapa pekerjaan di rumah Kita, semakin sedikit juga kalori yang terbakar.  Dan yang terakhir, makanan yang Kita konsumsi mengandung lebih banyak kalori daripada sebelumnya.

Dalam lingkungan kerja atau sosial dimana makanan, kopi, dan snack menjadi hal yang sangat biasa, untuk mengontrol berat badan Kita, mengendalikan porsi makanan adalah kunci melakukan diet sukses jangka panjang. Tidak makan pada waktu tertentu dan diet instan hanyalah pilihan jangka pendek. Kamu harus selalu memperhatikan berapa banyak Kamu makan dalam sehari dan mengurangi porsinya dalam setiap kesempatan. Mengurangi asupan kalori secara perlahan-lahan sepanjang waktu dan mempertahankannya adalah kunci untuk mengontrol berat badan untuk jangka panjang. Jadi bagaimana Kamu bisa memperbaiki porsi makananmu sendiri?

HugePortion

Mulailah dari sarapanmu.

Kita cenderung makan sebanyak apa yang disediakan untuk Kita. Karena itu, ukurlah porsi sereal yang Kamu makan di pagi hari sebanyak tiga seperempat cup dan taruhlah di mangkung yang kecil dan dangkal, bukan di mangkuk yang dalam seperti mangkuk sup. Jika Kamu makan roti panggang, pastikan membeli roti yang irisannya tipis. Ingat bahwa beberapa jenis roti memiliki kandungan kalori hampir dua kali lebih banyak karena ukurannya jauh lebih besar. Selanjutnya, pilih ukuran cangkir kopi yang tepat. Biasanya, coffee shop menawarkan ukuran cangkir sedang yang mengandung paling tidak 100 kalori tambahan dibandingkan dengan cangkir kecil. Jadi mintalah kopi dengan porsi kecil.

Selanjutnya, cemilan.

Yogurt, keju dan cracker dengan ukuran porsi untuk satu orang bisa membantumu menghindari terlalu banyak makan. Jika Kamu ingin makan cemilan manis, ingat bahwa rasa yang paling lezat hanya ada pada beberapa gigitan pertama saja, jadi sepertiga atau setengah kue saja sudah sangat cukup. Saat makan siang, ingat bahwa nasi campur yang dibeli dari toko bisa mengandung dua kali kalori yang Kamu perlukan untuk makan siang.  Jadi Kamu mungkin hanya perlu makan setengah ukuran piring dengan potongan buah untuk membuat perutmu kenyang. Kalau Kamu membuat makan siang sendiri, beberapa cracker atau seiris roti bisa membuatmu kenyang selama dua atau tiga jam.

Makanan lain yang beresiko membuatmu banyak makan adalah kacang, (10 saja cukup), alpukat (seperempat saja cukup) dan salad dressing (sesendok sudah cukup). Untuk makan malam, coba perbanyak porsi daging untuk mengetahui berapa banyak yang biasanya Kamu makan. Wanita hanya memerlukan 100 hingga 150 gram sedangkan pria memerlukan 150 hingga 200 gram daging tanpa lemak, ayam atau ikan. Porsi salmon dan steak seringkali dikonsumsi dua kali dari itu.




Dan akhirnya, tiba waktunya makan snack di malam hari- beberapa tub es krim dan beberapa potong coklat bisa menimbulkan masalah. Kalau Kamu suka cemilan manis di malam hari, pastikan untuk memperhatikan jumlah porsi yang dimakan dan jangan mengkonsumsi lebih dari 400 kalori untuk tetap berada di jalur yang aman setelah seharian Kamu sibuk mengontrol kalori di setiap waktu makan.

Trik Mengendalikan Porsi Makan

  • Roti- cari yang irisannya kecil dan tipis
  • Daging- kurangi porsinya
  • Sarapan sereal- gunakan mangkok yang kecil dan dangkal
  • Keju- beli yang sudah dipotong
  • Coklat- beli ukuran kecil
  • Keripik kentang- ukur porsinya sebelum makan
  • Kopi- mintalah cangkir kecil, bukan sedang
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Paling Populer

Get Health & Fitness Tips to Your Inbox:

Follow us yah !

Copyright © 2016 All Rights and Contents Reserved by FatFit.net

To Top