Beauty

Cara Mudah Merawat Gigi Berkawat

 gigi(13)

Inilah 6 cara untuk merawat gigi berkawat.

Pemakaian kawat gigi atau behel sudah lazim, baik untuk kalangan pria maupun wanita. Tujuan medisnya adalah untuk menjaga agar gigi tumbuh rapi. Konsekuensinya, orang yang menggunakan behel harus merawat giginya secara ekstra karena proses pembersihannya harus lebih teliti. Tanpa proses pembersihan yang jeli, sering terjadi pertumbuhan karang gigi, bau mulut, sariawan, atau menyusutnya gusi. Bila Anda orang yang termasuk memakai behel, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengurangi keluhan akibat pemakaian behel.

1. Rajin menyikat gigi.
Sama seperti perawatan gigi biasanya, teraturlah menyikat gigi, setidaknya tiga kali, yaitu setelah sarapan, setelah makan siang, dan sebelum tidur malam. Cara menyikatnya juga tak bisa asal. Mula-mula, Anda memutar kecil pada permukaan gigi depan, samping kiri dan kanan. Bagian atas gigi disikat dengan gerakan maju mundur. Sementara bagian gigi yang menghadap langit-langit dan lidah disikat dengan gerakan menarik keluar. Jangan lupa membersihkan lidah dengan spatula khusus pembersih lidah.

2. Gunakan sikat dan pasta gigi khusus.
Sebaiknya, pakailah pasta gigi dan sikat gigi khusus untuk pengguna behel. Pasalnya, bulu dari sikat gigi halus dan biasanya kepala sikat dibuat khusus supaya dapat mengangkat sisa makanan di sela gigi berbehel. Agar lebih bersih, gunakan obat kumur, asal penggunaannya tidak boleh terus menerus dan dalam waktu lama.

3. Hindari makanan manis dan asam.
Pengguna behel sebaiknya pantang mengonsumsi makanan, seperti permen karet, minuman cola, dan aneka asupan manis dan asupan yang mengandung asam tinggi. Dua kandungan itu memudahkan terjadinya karies tinggi.




4. Banyak minum air putih.
Perbanyak mengonsumsi air putih untuk mencegah munculnya bakteri, membuat mulut lebih segar, dan membantu menghilangkan sisa kotoran sisa makanan yang menempel di gigi dan sela-sela ronga mulut.

5. Hindari makanan yang terlalu keras.
Hindarilah mengonsumsi makanan yang keras. Kunyahlah makanan secara perlahan hingga menjadi betul-betul lunak. Makanan keras dan berukuran besar tak hanya memudahkan makanan tersangkut serta menyulitkan saat menyikat gigi, tapi juga membuat gigi yang sedang menjalani perawatan mudah goyah. Tentu bisa menghambat perkembangan hasil yang Anda ingin capai.

6. Teratur periksa ke dokter gigi.
Lakukan pemeriksaan ke dokter secara berkala. Ini bertujuan untuk melihat apakah ada masalah pada gigi dan mengevaluasi apakah perawatan ortodonti yang ditujukan kepada Anda tersebut efektif tidak.

Source: Fitnessformen.co.id

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Paling Populer

Get Health & Fitness Tips to Your Inbox:

Follow us yah !

Copyright © 2016 All Rights and Contents Reserved by FatFit.net

To Top