Diets

Diet 80/10/10: Pengaruhnya terhadap Gula Darah dan Penurunan Berat Badan

Raw Food Diet

Anda selalu mendengar bahwa diet yang penuh dengan buah dan sayuran penting bagi kesehatan Anda, tapi bagaimana dengan diet HANYA buah-buahan dan sayuran? Diet 80/10/10 adalah salah satu tren terbaru dan menentukan bahwa 80 persen kalori berasal dari karbohidrat, 10 persen dari protein dan 10 persen dari lemak. Semuanya berasal dari buah dan sayuran mentah. Diet makanan mentah rendah lemak ini diciptakan oleh Dr. Douglas Graham, pensiunan chiropractor dan mantan atlet.

Apa itu Diet 80/10/10?

Dasar pemikiran utamanya adalah bahwa orang sebenarnya frugivora (pemakan buah), artinya tubuh kita secara alami lebih suka makan buah dan sayuran hijau. Makanan harus dimakan mentah karena diet ini menganut kepercayaan bahwa memasak dapat merusak nutrisi dalam makanan dan melepaskan senyawa toksik yang dapat menyebabkan penyakit.

Apa yang dimakan?

Menurut Authority Nutrition, diet ini memungkinkan Anda untuk makan berbagai macam buah yang tidak manis seperti tomat, mentimun dan terong, dan buah-buahan manis seperti apel, buah beri, mangga, dan sayuran hijau termasuk selada dan bayam. Sayuran lain seperti brokoli dan kembang kol bisa dimakan, tapi tidak dalam jumlah banyak karena lebih sulit dicerna. Buah-buahan berlemak seperti alpukat dan kacang-kacangan juga dibatasi. Yang lainnya seperti daging, telur, alkohol, kopi, teh, lemak olahan, susu, rempah-rempah, gula atau pemanis tidak diperbolehkan dalam diet ini.




Mengapa harus diet ini?

Para pelaku diet ini mengklaim bahwa diet ini dapat membantu mengatasi masalah jerawat, menurunkan berat badan, meningkatkan energi dan kesehatan secara keseluruhan. Dan karena lemaknya rendah, diperkirakan dapat menurunkan risiko penyakit jantung juga.

Apakah berhasil?

Elizabeth Boham, R.D., M.D., M.S., mengatakan bahwa kita memerlukan lebih banyak protein untuk merasa kenyang, dan makan begitu banyak buah membuat gula darah Anda meningkat, yang pada gilirannya membuat Anda merasa lapar. Boham menyarankan agar tidak mengikuti diet ini untuk menurunkan berat badan. Dalam hal kesehatan jantung, sains telah menunjukkan bahwa mengonsumsi berbagai macam buah dan sayuran dikaitkan dengan tingkat penyakit jantung yang lebih rendah. Namun, para profesional kesehatan menunjukkan bahwa Anda akan kehilangan banyak nutrisi utama dengan hanya makan buah dan sayuran saja.

“Buah adalah makanan yang sangat bagus, tapi tidak akan bisa memberi Anda semua nutrisi yang Anda butuhkan,” kata Boham.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Paling Populer

Get Health & Fitness Tips to Your Inbox:

Follow us yah !

Copyright © 2016 All Rights and Contents Reserved by FatFit.net

To Top