Health

Kalori Itu Sebetulnya Apa Sih? Wajib Dibaca yang Ingin Hidup Lebih Sehat!

Jika Anda adalah seseorang yang terobsesi dengan jumlah kalori yang Anda konsumsi, maka ini saatnya untuk membaca artikel ini dengan seksama.

Apakah Anda benar-benar mengetahui apa itu kalori? Kita sering melihat dan mengatakan angka kalori pada makanan namun kita tidak mengerti.

Berikut ini adalah tips yang dapat merubah kebiasaan makan Anda dan membantu Anda menjadi lebih sehat dan bugar.

Kebenaran Pertama: Kalori yang tercantum adalah perkiraan, bukan perhitungan tepat.

Kalori adalah jumlah energi yang dibutuhkan untuk meningkatkan temperatur 1 gram air menjadi 1 derajat celcius. Dahulu, tulisan yang digunakan dalam kaleng makanan adalah “di wadah tertutup ini terdapat air – suatu alat yang dikenal dengan sebutan calorimeter bom. Makanan ini benar-benar dibakar dan mengakibatkan kenaikan suhu air.”

Saat ini, perusahaan makanan tidak lagi menggunakan tulisan itu untuk melabeli jumlah kalori dalam makanan. “Menurut National Data Lab (NDL), kebanyakan nilai kalori di USDA dan label industri makanan berdasar pada perkiraaan kalori tidak langsung yang dibuat menggunakan sistem Atwater.” Sistem Atwater menggunakan nilai rata-rata yang telah ditentukan dari jumlah protein, karbohidrat, dan lemak dalam makanan untuk menentukan jumlah total kalori tersebut.

What is a Calorie

Perbedaan dalam beberapa ratus kalori adalah sama signifikan-nya dengan perbedaan antara berlari cepat 100 meter dengan 1 kilometer lari.

Kebenaran Kedua: Tidak semua kalori sama

Gagasan yang digunakan pada lemak jahat melawan lemak baik juga digunakan pada jumlah kalori dalam makanan. Memakan es krim 100 kalori dan memakan alpukat 100 kalori merupakan hal yang sangat berbeda dalam nilai nutrisi.

Menurut Dr. David Ludwig, profesor nutrisi dari Harvard School of Public Health, “berat badan Anda diatur oleh sistem rumit dari faktor genetik, faktor hormonal, dan masukan neurologis, dan tidak semua kalori mempengaruhi sistem ini dengan cara yang sama.”

Jadi, apa yang Anda makan lebih berarti daripada angka-angka kalori.

Kebenaran Ketiga: Tidak semua manusia sama

Jumlah kalori yang harus dimakan setiap orang, dengan usia tertentu, tinggi badan tertentu, dan berat badan tertentu, berbeda-beda karena setiap orang itu tidak sama, kecuali jika mereka merupakan hasil kloning.



Genetika memiliki peran yang lebih penting dalam menetapkan berapa jumlah energi yang Anda gunakan dalam satu hari. Contohnya, beberapa orang memiliki tingkat metabolisme lebih tinggi daripada yang lain semenjak lahir atau memiliki kepadatan otot yang lebih dari orang lain. Perbedaan yang spesifik ini berpengaruh dalam konteks berapa kalori yang Anda bakar dan berapa kalori yang Anda butuhkan.

Penelitian baru mulai menjauh dari gagasan penghitungan kalori, karena peneliti telah menemukan hasil yang tidak efektif dari penghitungan kalori, dalam kaitannya dengan penurunan berat badan. Ini bukan hanya sekedar tentang kalori, melainkan tentang kualitas dan nilai apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh Anda.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Paling Populer

Get Health & Fitness Tips to Your Inbox:

Follow us yah !

Copyright © 2016 All Rights and Contents Reserved by FatFit.net

To Top