Fitness

Apakah Olahraga Berlari Efektif?

Berlari memang menjadi salah satu olahraga kardio yang disukai banyak orang.

Saat ini, banyak orang yang berpikir akan lebih baik jika melakukan olahraga ini dalam ruangan fitness. Padahal, jika kamu lebih teliti ada banyak keunggulan yang didapatkan jika kamu melakukannya di lapangan atau ruangan yang terbuka. Melansir dari cheatsheet.com, berikut ini merupakan alasan lari di luar ruangan lebih baik dibandingkan fitness.

1. Bisa dilakukan di mana saja

Saat melakukan latihan di tempat-tempat fitness, kamu akan terbatas oleh waktu dan juga ruangan. Sementara, mungkin kamu memiliki waktu yang sibuk, melakukan latihan di tempat fitness membutuhkan waktu luang yang cukup untuk melakukannya. Bahkan mungkin, lokasi fitness bisa saja tutup pada hari libur di mana kamu bisa meluangkan waktu untuk berolahraga. Tetapi, hal yang berbeda bisa kamu lakukan dengan berlari. Kamu bisa melakukannya di mana pun dan kapan pun kamu memiliki waktu senggang, bahkan di sela-sela kesibukan kamu.

2. Lebih baik untuk kesehatan fisik dan mental

Banyak orang berpikir melakukan olahraga dalam ruangan fitness akan membuat mereka terhindar dari cedera. Padahal yang sebaliknya justru terjadi. Irene Davis, seorang profesor rehabilitasi di Harvard Medical School mengatakan bahwa berlari di luar ruangan justru mengurangi kemungkinan seseorang terkena cedera. Ini dibandingkan dengan mereka yang berlari dengan menggunakan treadmill. Selain itu berlari di luar ruangan memberi dampak positif bagi kesehatan mental seseorang. Studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Glaslow University menemukan bahwa orang-orang yang berolahraga di luar ruangan memiliki risiko rendah terkena gangguan mental.

3. Baik untuk membakar kalori

Orang-orang selalu mencari latihan terbaik yang bisa digunakan untuk membakar kalori mereka dengan baik. Padahal, kamu bisa mendapatkannya dari berlari. Harvard Medical School menunjukkan bahwa orang dengan berat badan sekitar 185 pon dapat membakar sekitar 555 kalori dengan berlari selama 30 menit dan mempertahankan kecepatan 8 menit setiap mil.

 

JoggingRunning

4. Murah

Jika kamu ingin mengaitkan antara pengeluaran dengan olahraga, maka berlari bisa dipastikan sebagai olahraga yang sangat murah. Kamu tidak perlu membayarkan setiap menit dari latihan yang kamu lakukan. Bahkan kamu bisa melakukannya dengan biaya yang sangat minimal. Jadi, kamu tak perlu mengkhawatirkan lagi tentang biaya, kan?



5. Terhindar dari bosan

Terkadang, untuk melakukan olahraga, motivasi yang tinggi juga diperlukan. Nah, ketika kamu memilih olahraga lari, kamu juga bisa memilih dengan bebas lokasi yang kamu inginkan. Hal ini tentu saja tidak kamu dapatkan dalam ruangan fitness, bukan? Memilih lokasi dengan pemandangan yang indah, tentu akan membantu kamu untuk terhindar dari kebosanan saat berolahraga. menghirup udara yang segar dan menengok pemandangan yang indah akan mengalahkan rasa lelah kamu selama berlari.

Nah, sekarang kamu telah menemukan cara yang menyenangkan dari berlari, kan? tak hany sehat, olahraga dengan berlari ini cukup menyenangkan untuk dijadikan rutinitas. Selamat mencoba!

Source: Merdeka.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Paling Populer

Get Health & Fitness Tips to Your Inbox:

Follow us yah !

Copyright © 2016 All Rights and Contents Reserved by FatFit.net

To Top