Health

Lelah? 10 Cara Mencegah Kelelahan Adrenal

Bagaimana menghindari rasa lelah yang berlebihan. Merasa lelah dan stress? Mungkin saja itu adalah kelelahan adrenal. 

Gejala ini biasanya muncul ketika fungsi kelenjar adrenalin tidak berada di tingkat yang seharusnya, dan biasanya dikaitkan dengan stress berkepanjangan atau dapat muncul setelah infeksi akut atau kronis, seperti flu, bronhitis, atau radang paru-paru.

Jika Anda merasa sangat kelelahan, ada beberapa cara yang dapat membantu menghentikannya.

Luangkan waktu untuk bersantai

Luangkan waktu sibuk Anda untuk bersantai. Hal ini sangat penting untuk kesehatan kelenjar adrenal. Meditasi dan yoga merupakan pilihan yang bagus dan telah terbukti dapat menurunkan tingkat kortisol.

Tidur lebih banyak

Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas. Ketika tidur, tubuh memperbaiki dan meremajakan dirinya. Tidur sebelum tengah malam sangat penting untuk kesehatan adrenal.

Magnesium adalah teman Anda

Magnesium adalah nutrisi penting bagi adrenal. Magnesium membantu menenangkan dan menyokong sistem saraf, meningkatkan kualitas tidur, mengurangi stress, dan membantu meningkatkan produksi energi. Sumber magnesium terbaik terdapat pada kacang polong, tahu, kacang-kacangan, biji-bijian, gandum, roti gandum, dan sayuran berdaun hijau.

Maca meningkatkan energi

Maca adalah sayuran dari Peru, yang telah digunakan selama ribuan tahun sebagai sumber nutrisi. Maca dianggap sebagai ‘adaptogen’, karena ia bermanfaat untuk meningkatkan energi dan membantu mengatasi tekanan. Maca mengandung vitamin B dan magnesium yang tinggi, yang penting untuk memproduksi energi dan membantu tubuh saat menghadapi stress. Bubuk Maca dapat ditambahkan pada smoothies atau sereal sarapan.

ObatUntukLelah

Meningkatkan Vitamin C

Kelenjar adrenal menggunakan vitamin C untuk memproduksi hormon stress seperti cortisol. Ketika Anda stress, kelenjar adrenal membutuhkan banyak vitamin C. Tingkatkan asupan vitamin C dengan mengkonsumsi buah jeruk, kiwi, brokoli, berri, sayuran berdaun hijau tua, tomat, pepaya, dan delima.

Perhatikan asupan kafein Anda

Kafein merangsang respon pertahanan, merangsang produksi hormon stress kortisol, yang memberi Anda peningkatan energi, tapi dapat juga berkontribusi dalam tingkat kegelisahan dan insomnia bagi beberapa orang, dan dapat membuat adrenal kelelahan. Ganti kopi di pagi hari dengan teh herbal non-kafein. Kemangi adalah salah satu herbal yang akan membantu kesehatan adrenal. Berhati-hatilah dengan sumber kafein dari teh hitam, minuman bersoda, coklat, dan minuman berenergi. Teh hijau memiliki kandungan kafein lebih rendah, tapi juga mengandung antioksidan tinggi yang bermanfaat untuk membuat adrenal lebih sehat.

Ramuan Ayurveda

Withania, juga dikenal sebagai Ashwagandha, adalah ramuan Ayurveda yang efektif untuk ‘adaptogen’. Withania digunakan secara luas oleh para ahli herbal untuk meningkatkan resistensi tubuh terhadap tekanan dan juga memperkuat sistem kekebalan tubuh. Withania menyokong kesehatan adrenal dan menenangkan sistem saraf, bermanfaat untuk menghilangkan kecemasan pada orang yang mengalami stress dan kelelahan. Ia juga membantu meningkatkan kualitas tidur.



Obat-obatan China

Ginseng Siberian secara tradisional digunakan untuk obat-obatan China sebagai ramuan ‘adaptogenic’ untuk meningkatkan resistensi tubuh terhadap tekanan. Biasanya digunakan para ahli herbal untuk mengobati kelelahan adrenal, dan membantu meningkatkan fungsi kekebalan dan vitalitas.

Rhodiola Rosea

Ramuan ini telah digunakan selama berabad-abad di Eropa sebagai herbal ‘adaptogenic’ untuk mengurangi rasa letih dan lelah terkait dengan stress berkepanjangan. Rhodiola juga dapat membantu meningkatkan mood dan mengurangi tingkat stress. Telah ditemukan bahwa Rhodiola memiliki efek antidepresi karena ia meningkatkan serotonin dan dopamin, hormon yang menenangkan.

Pertimbangkan Vitamin B

Vitamin B merupakan vitamin yang sangat penting untuk memelihara kesehatan dan fungsi adrenal. Vitamin B adalah vitamin anti-stress. Ia membantu Anda menghadapi stress dengan cara yang lebih sehat, dan dibutuhkan untuk menyokong tingkat energi sehat. Makanan kaya vitamin B adalah kacang polong, gandum, kacang dan bebijian, sayuran berdaun hijau, ayam, daging merah, ikan, dan susu.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Paling Populer

Get Health & Fitness Tips to Your Inbox:

Follow us yah !

Copyright © 2016 All Rights and Contents Reserved by FatFit.net

To Top