Mums

Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Selama Kehamilan

Makanan apa saja yang tidak baik selama kehamilan?

Joanna Bounds menunjukkan makanan apa yang baik dimulai dari makanan yang buruk.

Membiasakan diri dengan peraturan makan yang baru memang sulit saat Kamu sedang hamil. Seafood yang diasapi, kerang, daging deli dan keju lunak merupakan beberapa makanan yang perlu dihindari. Namun meskipun beberapa wanita tahu mereka harus menghindari makanan tertentu dan lebih berhati-hati saat memasak makanan, peneliti menunjukkan bahwa lebih dari setengah wanita hamil tidak diberikan nasihat dengan benar. University of Wollongong melakukan survey pada 586 wanita hamil pada tahun 2006 dan menemukan bahwa lebih dari setengah peserta tidak mendapatkan informasi mengenai makanan apa yang perlu dihindari untuk mencegah kontraksi listeriosissejenis infeksi yang disebabkan oleh bakteri listeria yang dapat memicu terjadinya keguguran dan lahir meninggal.

Foods-to-avoid-during-Pregnancy

Sebuah penelitian lanjut yang dilakukan oleh NSW Food Authority pada tahun 2007 mendukung penelitian tersebut. Alan Valvasori, juru bicara untuk NSW Food Authority mengungkapkan adanya kekurangan rekomendasi dari ahli yang jelas mengenai makanan yang baik untuk wanita hamil. Akibatnya banyak masalah kesehatan yang kerap muncul selama kehamilan, dan banyak ahli kesehatan menjadi bias mengenai kondisi-kondisi yang siap dicegah seperti listeriosis. Hal ini menyebabkan terjadinya peningkatan jumlah kasus pada tahun 2008, sehingga banyak kemasan rekomendasi makanan untuk wanita hamil dikirim ke para doktor, bidan, dokter keluarga dan pakar diet, serta kartu informasi seukuran dompet yang didistribusikan oleh doktor untuk para calon ibu.

Valvasori mengatakan bahwa ada peningkatan jumlah kasus listeriosis yang dilaporkan, dan semua kasus tersebut disebabkan oleh kebiasaan makan yang salah. Beberapa gejala yang muncul seperti demam, nyeri dan sakit seringkali tidak dikenali oleh wanita hamil karena efeknya yang ringan, namun hal ini secara potensial dapat mengancam hidup bayi di dalam kandungan. Juru bicara Nutrition Australia sekaligus seorang ahli diet, Aloysa Hourigan, mengatakan bahwa beradaptasi dengan diet saat hamil memang sulit. Dia menganjurkan untuk sangat berhati-hati agar menjauhi keju lunak dan daging deli. Makanan seperti sushi pun juga perlu dihindari selama kehamilan.



Tips makan siang paling aman adalah dengan membuat sendiri makanannya di ruman. Hourigan mengatakan bahwa makan di rumah pun juga kadang menjebak. Berhati-hatilah saat di rumah. Jika Kamu memanggang makanan, potong irisan pertamanya dan buang karena listeria tumbuh pada bagian luar.  Intinya, Kamu harus serius dalam menjalankan diet yang sehat dan patuh dengan peraturan makan baru tersebut. Hamil memang berpengaruh terhadap makanan apa yang bisa dimakan. Semuanya berkaitan dengan makanan apa yang harus dihindari dan mana makanan yang aman serta sehat.

Makanan Sehat Saat Hamil

Untuk mendapatkan dosis vitamin dan mineral penting, cobalah diet seimbang dan sehat dengan menggabungkan beberapa makanan yang kaya akan nutrisi berikut ini.

Iron: daging merah dan kacang-kacangan memiliki kandungan air yang tinggi. Daging sapi dan domba merupakan pilihan paling tepat, meskipun ayam dan ikan juga memiliki kandungan yang cukup.

Kalsium: dosis yang direkomendasikan untuk calon ibu dalam mengkonsumsi kalsium adalah 840 gram per hari, dimana Kamu bisa mendapatkannya dengan minum tiga gelas susu utuh atau susu kedelai yang kaya kalsium.

Vitamin C: Tingkatkan konsumsi buah jeruk, stroberi dan blueberry. Capsicum, brokoli, peterseli dan tomat juga mengandung vitamin V yang cukup banyak dan mudah pula ditemukan sepanjang tahun.

Omega-3: Mengkonsumsi ikan memang penting, tapi hindari ikan yang berada pada rantai makanan paling atas seperti hiu, malin dan ikan todak, yang kandungan mercury nya cenderung tinggi.

Folat: wanita hamil dianjurkan mengkonsumsi suplemen folat, tapi sayuran hijau, sereal gandum utuh, stroberi dan jeruk juga mengandung folat yang alami.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Paling Populer

Get Health & Fitness Tips to Your Inbox:

Follow us yah !

Copyright © 2016 All Rights and Contents Reserved by FatFit.net

To Top