Beauty

Makanlah Makanan Ini Untuk Kesehatan Gigi

Kunci untuk kesehatan gigi bukan lagi hanya tentang larangan makanan manis.

Meskipun pendekatan ini sudah populer selama berpuluh-puluh tahun, kami mengetahui hal-hal lain yang dapat membuat gigi Anda tetap sehat.

Untuk memiliki gigi yang sehat, makan dengan benar adalah hal yang penting. Sebagian dari kesehatan mulut didasari oleh konsistensi dan kualitas makanan, dan bagaimana Anda memakannya.

Beberapa jenis makanan membantu tubuh untuk melawan peradangan dan bakteri. Jika Anda selalu memakan makanan dengan nutrisi dan antioksidan yang dapat ditemukan di sayuran, tumbuhan polong, kacang-kacangan, dan buah-buahan, maka Anda berada di jalur yang benar (tentunya dengan sikat gigi yang rutin). Berikut adalah bagaimana cara makan yang benar:

Makan dan minum lebih banyak kalsium

Penelitian menunjukkan bahwa kalsium memiliki peran penting dalam kesehatan tulang dan gigi. Kalsium juga membantu membersihkan plak dan membuat nafas tetap segar.

Anda dapat meningkatkan asupan kalsium dengan mengkonsumsi lebih banyak produk susu yang kaya kalsium dan vitamin D. Anda juga dapat meminum jus yang mengandung kalsium untuk menurunkan risiko kerusakan gigi dan penyakit mulut.

Jika Anda tidak menyukai produk susu, Anda dapat menambahkan susu bubuk pada hidangan atau memakan lebih banyak sayuran mentah dan buah-buahan.

Cemilan sehat

Biasakan untuk mengkonsumsi cemilan yang sehat, baik itu di rumah atau di kantor. Jika Anda ingin membeli makanan dari vending machine, maka Anda bisa memastikan bahwa Anda akan membuat keputusan yang salah… kecuali jika mesin tersebut diisi dengan cemilan sehat, dan sepertinya tidak mungkin.

Beberapa cemilan untuk meningkatkan energi Anda:

  • Keju
  • Berry
  • Kismis
  • Kacang almond mentah
  • Yogurt

Membilas mulut setelah memakan cemilan juga merupakan hal yang baik karena akan membantu Anda mencegah pengikisan lapisan gigi. Gigi dapat terganggu oleh bakteri penghasil asam selama 20 menit setelah Anda menelan.

Waspadai makanan asam

Berbeda dengan asam yang dibuat oleh bakteri, beberapa makanan memang mengandung asam sendiri dan tidak baik bagi gigi Anda.



Beberapa makanan yang mengandung asam:

  • Jeruk
  • Daging
  • Soda
  • Tomat
  • Kopi

Beberapa makanan tersebut bermanfaat bagi tubuh namun dapat merusak gigi, jadi pastikan bahwa Anda mengkonsumsinya dengan tetap memperhatikan kesehatan gigi.

Satu tanda untuk mengetahui apakah gigi Anda terkikis oleh asam adalah kepekaan gigi. Usahakan untuk mengunyah dan menelan makanan tersebut dengan cepat dan bilaslah mulut sesudahnya. Hal ini akan membuat asam dalam mulut menjadi netral dan membuat gigi lebih sehat.

Meminum lebih banyak teh hijau

Penelitian telah menunjukkan bahwa teh hijau dapat mengontrol bakteri dan menurunkan risiko gigi berlubang karena teh hijau dapat menurunkan asam pada air liur Anda. Teh hijau juga merupakan komponen anti peradangan yang dapat mencegah penyakit gusi dan kehilangan gigi. Teh hijau juga dikenal dapat melawan kerusakan sel dan tumor.

Cobalah untuk memakan makanan sehat namun terlalu lama makanan berada di mulut dapat merusak gigi Anda. Meminum air putih juga dapat membantu Anda menjaga kesehatan gigi. Namun, pola makan saja tidak cukup. Anda juga perlu menggosok gigi secara teratur.

Untuk yang ingin mencari dokter gigi di Indonesia, silahkan cari di situs kami, FatFit Listing.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Paling Populer

Get Health & Fitness Tips to Your Inbox:

Follow us yah !

Copyright © 2016 All Rights and Contents Reserved by FatFit.net

To Top