Diets

Wow! Mengapa Diet Mediterania Bikin Cepat Langsing?

Anda sedang frustrasi atau menyerah akibat pola diet yang gagal? Mungkin Anda harus mencoba cara lain agar segera memiliki tubuh langsing impian.

Barry Sears, Ph.D, pakar kesehatan dan pola hidup baru-baru ini memaparkan diet mediterania yang disinyalir sebagai metode diet terbaru dalam buku karangannya yang berjudul “The Mediterranean Zone”. Buku tersebut diinspirasi oleh gaya hidup masyarakat yang hidup di daerah mediterania.

“Beberapa penelitian menunjukkan pola makan ala mediterania bisa meningkatkan metabolisme, yang juga mencegah timbunan kalori penyebab diabetes dan obesitas. Pola makan ala mediterania mempengaruhi regulasi hormon yang berpengaruh untuk penurunan bobot tubuh,” ujar Barry.

Bagaimana sebenarnya cara kerja diet mediterania yang bikin tubuh cepat langsing?

3842-mengapa-diet-mediterania-bikin-cepat-langsing

Polifenol sebagai dasar utama
Polifenol adalah zat warna alami yang terdapat dalam buah dan sayuran, dan memiliki efek terbaik bagi tubuh. Sears mengungkapkan bahwa polifenol adalah terobosan dalam bioteknologi, karena mampu mengubah faktor transkripsi gen.

Pada tingkatan rendah, polifenol bisa mengaktifkan transkripsi faktor gen yang menghasilkan enzim kuat antioksidan. Sedangkan dalam dosis yang lebih tinggi, polifenol mengaktifkan transkripsi faktor gen yang mengurangi peradangan. Selain itu, pada konsentrasi tertinggi, aktivasi transkripsi faktor gen membantu memperlambat proses penuaan yang berujung pada penurunan berat badan.

Rutin mengolah masakan dengan ekstrak minyak zaitun
Di samping mengandung polifenol, ekstrak minyak zaitun terbukti rendah kadar Omega-6 yang berkaitan dengan peradangan yang memicu kegemukan. Peradangan pada sel-sel lemak akan mendorong resistensi insulin, sehingga insulin mulai menumpuk dalam darah.

Manfaatkan khasiat rempah-rempah
Sumber polifenol lainnya berkonsentrasi dalam rempah-rempah. Bubuhkan lebih banyak rempah-rempah pada olahan makanan yang dikombinasikan dengan sayuran. Selain menghangatkan badan, rempah-rempah juga membuat Anda mudah kenyang sehingga menghambat nafsu makan yang tidak terkontrol.




Seimbangkan porsi makanan
Berikan proporsi yang pas pada menu makanan Anda. Bagi menjadi tiga bagian yang sama, di mana porsi pertama berisi cukup protein rendah lemak seukuran tebal dan lebar telapak tangan, dua porsi lainnya untuk sayuran berwarna-warni yang diolah menggunakan minyak zaitun. Menurut Sears, cara ini ampuh mencegah rasa lapar dan lelah dalam waktu lima jam ke depan.

Jauhi konsumsi karbohidrat putih
Peradangan akan muncul saat Anda rutin mengonsumsi karbohidrat putih seperti nasi. Sebagai gantinya, penuhi kebutuhan karbohidrat dari sayuran dan buah. Karbohidrat mengurangi glikemik yang merupakan beban makanan dari sekresi insulin yang dihasilkan dalam waktu sekejap. Alternatif lain adalah mengonsumsi biji-bijian dan gandum sebagai pengganti nasi putih.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Paling Populer

Get Health & Fitness Tips to Your Inbox:

Follow us yah !

Copyright © 2016 All Rights and Contents Reserved by FatFit.net

To Top