Mum's Fitness

Mengapa Ibu Harus Mengutamakan Diri Sendiri Terlebih Dahulu

Mom and Kids

Utamakan kesehatan Anda terlebih dahulu. Ya, terlebih dahulu – di atas anak-anak, suami dan pekerjaan Anda. Kedengarannya aneh, tapi kebanyakan ibu menempatkan diri mereka di urutan terakhir pada daftar prioritas. Tidak ada cukup waktu, jadi Anda pasti tidak bisa menjadikan kesehatan sebuah prioritas dan akan sangat egois untuk merawat diri sendiri, bukan? Salah! Kemungkinan besar Anda adalah tulang punggung keluarga Anda. Bila anak-anak Anda terluka, Anda harus berada bersama mereka untuk merawat dan menjaganya. Saat suami Anda sakit, lagi-lagi Anda harus ada untuk turun tangan. Kenyataannya adalah bahwa Anda tidak sempat dan tidak boleh sakit. Tapi Anda akan sakit. Anda benar-benar akan sakit jika Anda tidak mengurus diri sendiri. Tidak ada kompromi dalam hal kesehatan. Anda tidak bisa menundanya dan mengatakan bahwa Anda akan memperhatikan kesehatan saat anak-anak Anda sedang kuliah atau ketika Anda pensiun. Semakin lama Anda menjalani hari-hari Anda tanpa mengurus diri sendiri, semakin parah konsekuensinya.

Apa yang dikatakan oleh pramugari dan harus Anda lakukan bila ada keadaan darurat di pesawat terbang? Kenakan masker oksigen Anda terlebih dahulu. Apa yang tidak akan Anda lakukan untuk diri Anda sendiri, akan Anda lakukan untuk keluarga Anda. Jadi lakukan untuk keluarga Anda. Inilah 9 cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan Anda sendiri terlebih dahulu – tentunya dengan keluarga Anda yang paling diuntungkan.

Makan dengan baik

Anda bisa menjadi panutan yang sehat bagi anak-anak Anda. Faktanya adalah bahwa mereka semua mengikuti arahan Anda. Bukankah Anda yang memasak makanannya? (Setidaknya untuk saat ini – begitu anak-anak sudah cukup umur, mintalah mereka untuk membantu juga.) Jika Anda tidak makan dengan baik, mereka juga tidak.

Olahraga

Anak-anak Anda harus melihat bahwa ibu menghargai kesehatannya dan menikmati olahraga. Mungkin suami Anda akan terinspirasi oleh peningkatan energi Anda. Dan mereka semua akan mendapatkan manfaat dari Anda yang sedang dalam suasana hati yang lebih baik, stress dan lelah yang lebih sedikit. Gunakan sedikit saja waktu pribadi setiap hari. Mintalah sedikit waktu dari suami atau teman Anda untuk menemani berolahraga, atau gunakan jasa babysitter sehingga Anda bisa mengisi ulang energi Anda. Anda seharusnya tidak merasa bersalah karena merawat diri sendiri. Ini sebenarnya hadiah terbaik yang bisa Anda berikan pada keluarga Anda.

Minum air

Dehidrasi akan menyebabkan rasa lelah. Agar tubuh tetap sehat dan energi Anda naik, pastikan Anda minum setidaknya 2 liter air setiap hari.

Kencan

Kehidupan pernikahan sering terabaikan saat Anda menjadi seorang ibu. Jadikan hubungan Anda dengan suami sebagai prioritas dan keluarlah untuk menghabiskan waktu bersama. Berhubungan dan berkomunikasi dengan orang yang Anda cintai bagus untuk kesehatan Anda.




Mandi

Air dapat menenangkan tubuh dan otak. Tuangkan sabun dan busa favorit Anda, nyalakan lilin dan berendamlah sebentar. Ritual kecil ini bisa cukup menaikkan mood.

Terhubung dengan teman

Ilmu pengetahuan telah memastikan bahwa wanita mendapatkan manfaat kesehatan dari persahabatan. Pastikan Anda menyempatkan beberapa waktu untuk terhubung dengan teman-teman Anda. Jika Anda tidak punya waktu untuk keluar malam, pertimbangkan untuk bertemu secara online. Oksitosin, hormon yang membuat kita merasa senang, meningkat setelah melahirkan dan juga saat menghabiskan waktu bersama sahabat.

Tertawa

Anak-anak tertawa sekitar 300 kali per hari, sedangkan orang dewasa tertawa sekitar lima kali. Seluruh beban hidup kita terasa ringan saat kita tertawa. Dengarkan lawakan, membaca sebuah lelucon atau hanya bercanda dan cekikikan saja dengan anak-anak Anda.

Terapi Sentuhan

Hormon yang membuat perasaan senang seperti serotonin, dopamin dan oksitosin dilepaskan dari hasil terapi sentuhan seperti pijat. Anggap saja perawatan tubuh!

Bersyukur

Tindakan sederhana untuk bersyukur itu baik untuk kesehatan kita. Buat jurnal rasa syukur dan tulis di dalamnya setiap pagi. Wanita yang merasa bersyukur memiliki lebih banyak energi dan kebahagiaan dibanding mereka yang tidak. Sebagai seorang ibu, aktivitas sehari-hari itu terasa panjang, tapi tahun-tahun terasa berlalu begitu cepat. Bersyukur mungkin bisa membantu Anda semakin menghargai setiap hari yang Anda jalani.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Paling Populer

Get Health & Fitness Tips to Your Inbox:

Follow us yah !

Copyright © 2016 All Rights and Contents Reserved by FatFit.net

To Top