Kids' Health

Cara Menghadapi Anak yang Bermasalah

Menghadapi masalah perilaku sejak dini memberikan keuntungan kelak di masa yang akan datang.

Mengajari ibu dan ayah cara menghadapi anak yang bermasalah merupakan salah satu cara paling efektif agar anak nakal kelak tidak menjadi orang dewasa yang antisosial dengan gangguan mental, begitulah yang diungkapkan oleh seorang ahli psikologi anak dari Sydney.

Profesor Mark Dadds, direktur Child Behaviour Research Clinic dari Universitas NSW mendeskripsikan beberapa program yang mengajari orangtua cara menghadapi masalah perilaku anak mereka sebagai “salah satu prestasi besar dalam ilmu kesehatan mental”.



Bukti dari klinik mereka menunjukkan bahwa saat orangtua dari anak dengan masalah perilaku klinis diajari beberapa strategi, sekitar 60 persen anak pindah ke bidang non-klinis dengan cepat. Begitulah yang diungkapkan Dadds.

Fase vs Masalah

Masalah perilaku, menurut Dadds adalah perilaku yang dilakukan berulang-ulang dan terus menerus. Perilaku tersebut bisa saja tergolong agresif, marah, dan kasar hingga mengkonsumsi bahan-bahan yang bukan makanan serta tidak mengikuti apa yang diperintahkan.

Dadds pun mengungkapkan bahwa setiap anak akan mengalami fase dimana mereka menunjukkan masalah perilaku- tapi jika fase tersebut tidak berhenti maka intervensi mungkin diperlukan. Temui dokter mu dan minta rujukan untuk menemui psikolog anak.

 

53ef65e0d41baa8aa82413726691ad69

Bukan Kesalahan Orangtua?

Meskipun cara mengasuh yang salah dapat menyebabkan munculnya berbagai masalah pada anak, Dadds menjelaskan bahwa menganggap bahwa salah asuhan merupakan penyebab dari munculnya sikap anak yang susah diatur merupakan asumsi yang salah.

Ada banyak sekali faktor yang dapat memicu munculnya masalah perilaku pada anak- bisa jadi disebabkan oleh infeksi telinga kronis yang berlangsung bertahun-tahun atau penyakit lain, bisa juga karena tempramen dan sifat alami anak tersebut.

Tanyakan pada dirimu mana yang muncul terlebih dahulu – masalah pada anak ataukah kesalahan dalam mengasuh.

Meskipun Dadds fokus pada program untuk orangtua yang anaknya bermasalah, dia mengungkapkan bahwa semua orangtua dapat mendapatkan manfaat dengan mempelajari strategi untuk membesarkan anak.

5 Tips untuk Melatih Sikap Disiplin

  1. Beritahukan pada anak apa yang harus dilakukan, bukan apa yang tidak boleh dilakukan, contohnya “Berjalanlah di dalam rumah.” bukan “Jangan berlari di dalam rumah.”
  2. Pastikan anak memahami konsekuensi jika mereka melanggar peraturan, yang harus dibuat adil dan sesuai dengan usia anak.
  3. Segera ambil sikap jika anak salah dalam bersikap. Konsekuensi yang diberikan pada anak harus dihubungkan dengan cara mereka bersikap, jadi perhatikan dan segera bertindak.
  4. Tetap tenang dan bicaralah pada anak dengan suara yang tegas dan menyenangkan mengenai apa yang Kamu ingin mereka lakukan.
  5. Puji anak saat mereka bersikap baik.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Paling Populer

Get Health & Fitness Tips to Your Inbox:

Follow us yah !

Copyright © 2016 All Rights and Contents Reserved by FatFit.net

To Top