Mums

Ngidam Saat Hamil, Apakah Normal?

Normalkah jika Kamu menginginkan makanan tertentu saat hamil? Temukan jawabannya disini!

Kidspot membagikan beberapa alasan mengapa wanita hamil memiliki nafsu makan yang aneh. Rasa mudah lapar tersebut bisa muncul dan hilang pada fase-fase tertentu selama kehamilan dan bisa berubah dari yang sebelumnya ingin makan makanan manis pada trimester pertama kemudian berpindah menjadi ingin makan yang asin di trimester berikutnya. Asinan dan es krim? Ikan asin dan nanas, pizza? Dengan saus tomat diatasnya.. atau apakah Kamu cenderung ingin makan semuanya? Hingga makan banyak coklat di malam hari?

image001

Apa artinya

Adanya beberapa perubahan pada makanan yang Kamu sukai memang sudah bisa diprediksi dan hal ini bisa muncul karena perubahan hormone dalam tubuh. Pada beberapa wanita, bahkan sedikit saja bau makanan yang dulu sangat disukai bahkan dijauhi, sementara pada kasus lain, makanan yang dulu dihindari justru tiba-tiba diinginkan.

Pastikan bahwa rasa ngidam yang Kamu alami bukanlah sebuah alasan untuk menuruti keinginan makan yang tidak baik. Meskipun beberapa orang mengatakan bahwa ngidam merupakan cara tubuh untuk memberikan sinyal bahwa nutrisi tertentu dibutuhkan, sebagian besar para ahli nutrisi menolak pemikiran tersebut. Contohnya, hanya karena Kamu ngidam coklat milkshake dengan tiga skup es krim diatasnya untuk sarapan, bukan berarti tubuhmu sedang kekurangan kalsium. Bagaimana dengan asinan? Bukan berarti juga Kamu kekurangan garam.

Meskipun makanan manis, berlemak dan asin terkadang boleh dikonsumsi, hati-hati karena makanan tersebut sama sekali tidak mengandung kalori- memberikan tubuh asupan energi tanpa dibarengi dengan vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk memeliraha kesehatan. Coba ganti makanan tersebut dengan yang lainnya, yang lebih sehat sebagai alternatif untuk memberikan asupan yang tepat bagi tubuh serta menyediakan apa yang memang dibutuhkan oleh ibu maupun bayi.



Yang Perlu Diingat

Makan terlalu banyak gula dan lemak bisa memicu pertambahan berat badan baik pada ibu maupun bayi. (dan susah bergerak setelah melahirkan)

Pica

Pica merupakan kondisi dimana wanita merasa ngidam dan cenderung ingin makan sesuatu yang tidak bernutrisi. Wanita hamil yang mengalami hal ini cenderung ingin makan sesuatu yang pada dasarnya bukan merupakan jenis makanan seperti es, baking soda/powder, laundry starch, debu, kapur dan abu. Jika Kamu mengalami rasa ngidam semacam ini, segera konsultasikan dengan doktor.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Paling Populer

Get Health & Fitness Tips to Your Inbox:

Follow us yah !

Copyright © 2016 All Rights and Contents Reserved by FatFit.net

To Top