Beauty

Penting! Apa Kunci Rambut Sehat?

Kita semua ingin memiliki rambut indah yang tebal, mengkilau dan berkilau seperti di iklan shampoo.

Tapi bagaimana caranya mendapatkan dan mempertahankan rambut halus seperti itu? Mudah saja, para ahli mengatakan: Kamu adalah apa yang Kamu makan. Diet seimbang dengan protein, vitamin dan mineral adalah cara terbaik untuk mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh, kulit dan rambut yang sehat.

Asam Lemak Essential

Omega 3 dan omega 6 meningkatkan tekstur rambut, sementara kurangnya asupan kedua lemak tersebut menyebabkan ketombe dan rambut kusam. Ahli nutrisi Naturopathic, Jan Purser mengatakan bahwa kacang-kacangan, biji-bijian, minyk zaitun dan alpukat kaya akan asam lemak. Kita juga perlu mengkonsumsi ikan berlemak seperi salmon, sarden atau mackerel atau minum suplemen minyak ikan karena nutrisi tersebut bisa membantu dalam segala tingkatan. Menurut Purser, apa yang ada di dalam tubuh secara langsung mempengrauhi bagaimana rambut tumbuh.

Tips: makan ikan tiga kali seminggu

top-7-fruits-for-healthy-hair-22

Zink

Kekurangan zink bisa mempengaruhi pertumbuhan rambut dan menyebabkan rambut rontol serta rapuh, jadi pastikan Kamu mengkonsumsi zink dalam makanan sehari-hari. Sumber zink terbaik adalah kerang, tiram, daging kambing, kernel biji labu, telur, tumbuhan polong, keju, mete dan kacang pinus.

Tips: konsumsi 15 hingga 20 miligram suplemenn zink setiap hari, khususnya saat Kamu memperhatikan rambut mulai rontok atau ada bercak-bercak putih di jari kuku.

Protein

Rambut sebagian besar terdiri dari protein. Dua komponen utamanya adalah kolagen dan keratin. Ahli nutrisi Lilli Ng mengatakan bahwa diet rendah protein dapat memicu lemahnya formasi kedua komponen tersebut sehingga rambut pun menipis dan rapuh. Konsumsi daging tanpa lemak adalah pilihan tepat. Daging juga tinggi kandungan zink nya, dimana nutrisi tersebut pun dibutuhkan untuk sintesa dan pertumbuhan protein. Kamu juga bisa mengkonsumsi protein nabati seperti tahu, tumbuhan polong, rumput laut, kacang-kacangan dan biji-bijian. Telur adalah sumber protein yang baik dan juga mengandung berbagai nutrisi penting.

Tips: protein shake bisa jadi pilihan yang tepat- campur dengan flaxseeds bubuk, buah beri dan pisang.

Vitamin C

Tingkatkan sirkulasi kulit kepala dan pertumbuhan rambut. Sumber makanannya adalah strawberry, kiwi, jus kelapa, brokoli, capsicum merah (dimasak sedikit) dan jeruk yang baru diperas serta lemon jus.

Tips: untuk dosis pengobatan dengan vitamin C yang baik, konsumsi 1000 milligrams sekali atau dua kali sehari.

Vitamin E

Membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, mencegah kerontokan dan rambut bercabang, menutrisi kulit kepala dan meperbaiki rambut rusak. Vitamin E bisa ditemukan dalam minyak gandum, muesli, minyak zaitun, minyak biji bunga matahari, kacang-kacangan dan biji-bijian.



Tips: kurangi konsumsi gula untuk mengurangi ketombe

Rosemary

Secara tradisional digunakan untuk mengatasi rambut rontok, rosemary menstimulasi pertumbuhan rambut dan mendukung regenerasi rambut yang lepek dan lelah.

Tips: tambahkan 15 hingga 20 tetes minyak rosemary ke dalam shampoo atau kondisioner dan kocok sampai tercampur sebelum digunakan pada rambut lepek.

Tips dari Joh Bailey

Ahli rambut Joh Bailey mengatakan bahwa diet seimbang merupakan kunci rambut sehat. Gaya hidup sehat sama dengan rambut sehat. Pencegagan juga lebih baik daripada penyembuhan. Bailey mengatakan dia tidak pernah melihat apapun yang bisa menghidupkan kembali rambut yang sudah rusak. Tipsnya untuk rambut indah adalah:

  • Pangkas ujungnya secara teratur agar ujung rambut tetap terjaga
  • Pakailah topi saat ke pantai
  • Sebelum ke pantai basahi rambut terlebih dahulu agar rambut tidak menyerap air laut
  • Gunakan produk yang mengandung SPF atau sunscreen pada ujung rambut
  • Jangan keringkan rambut di bawah sinar matahari

Untuk wanita Muslim tentu saja berhijab jauh lebih baik karena rambut pun terlindungi dari debu dan sinar matahari dan kerusakan dapat dicegah dimanapun dan kapanpun saat keluar rumah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Paling Populer

Get Health & Fitness Tips to Your Inbox:

Follow us yah !

Copyright © 2016 All Rights and Contents Reserved by FatFit.net

To Top