Beauty

Inilah Perawatan Anti Penuaan untuk Rambutmu

Penuaan rambut bisa mulai muncul dari umur 30 tahun. Yuk cari tahu cara mempertahankan rambut mudamu.

Kebanyakan wanita cenderung mengaitkan penuaan rambut dengan usia yang tua renta, tapi beberapa pakar perawatan rambut menyatakan bahwa penuaan rambut tidak selalu muncul pada saat Kamu sudah tua. Hal ini bisa terjadi mulai dari usia 30 tahun.

Perubahan Rambut Seiring Bertambahnya Usia

Sama halnya seperti kulit, kuku dan bentuk tubuh yang cenderung mencerminkan kondisi kesehatanmu secara umum, rambut pun juga demikian. Menurut pakar Trichology Pantene, Tony Pearce, penampilan berkaitan erat dengan bagaimana seseorang merawat kesehatan mereka dari makanan yang dikonsumsi, olahraga dan gaya hidup misalnya menghindari rokok dan alkohol. Wanita cenderung lebih rentan terhadap masalah dan gangguan internal dibandingkan pria, jadi Pearce merekomendasikan bahwa wanita perlu makan makanan dan konsumsi supplemen yang mengandung iron, vitamin D, yodium, protein dan zinc untuk menjaga kesehatan rambut.

Kebiasaan mengubah-ubah gaya rambut pun memberikan pengaruh terhadap proses penuaan. Tracey Hughes, Direktur Artistik Redken, mengatakan bahwa rambut berada pada puncaknya saat Kamu berusia 20 tahun. Setelah itu rambutmu akan mulai menua secara perlahan – yang bisa dilihat dari kondisi rambutnya, bukan usiamu. Contohnya, rambut yang paling dekat dengan kulit kepala bisa jadi lebih muda daripada bagian bawahnya karena beberapa faktor yang menyebabkan rambut bagian bawah lebih rusak misalnya pewarnaan, pemanasan dengan catok atau curler dan juga paparan zat-zat kimia, polusi dan sinar matahari.

uban d rambut

Hughes pun menambahkan bahwa penuaan hormonal memicu masalah-masalah lain yang seiring berjalannya waktu akan semakin bertambah. Saat usiamu menginjak 40 tahun, rambut akan menjadi lebih rapuh, terutama pada bagian atas dan garis rambut- karena folikel mengalami penyusutan. Penurunan drastis pada melanin membuat warna rambut mulai memudar dan beruban dan hal ini bisa terjadi saat menginjak usia 50 tahun. Selanjutnya di usia 60 tahun rambut pun akan mulai rontok.

Faktor genetika pun turut mempengaruhi penuaan rambut karena tidak semua wanita rambutnya beruban atau botak karena kerontokan saat mereka tua. Tapi hal yang pasti terjadi adalah: begitu Kita menginjak usia tertentu, rambut Kita menjadi kering, lepek, rapuh, tipis dan kusam. Itulah kenapa kemunculan produk-produk perawatan rambut yang diformulasi untuk mengatasi penuaan rambut semakin meningkat dan semakin bertebaran di supermarket dan salon-salon kecantikan.

Mencegah Penuaan pada Rambut Dewasa

Apa sih yang membuat produk penuaan rambut berbeda dengan produk yang diformulasikaan untuk rambut rusak?

Menurut Caterina Di Biase, ambassador dari L’Oreal Professional, perawatan untuk rambut yang menua bekerja dengan menutrisi dan menyeimbangkan kulit kepala yang sudah berpotensi mengalami penuaan serta merevitalisasi serat rambut.



Tracey Hughes juga mengemukakan bahwa Time Reset, line produk dari Redken, bisa memberikan manfaat yang sama, yaitu meningkatkan kepadatan rambut agar menjadi lebih tebal dan nampak lebih berseinar serta membuat rambut mudah diatur.

Bisa dibilang, semua wanita pasti menginginkan kondisi rambut seperti itu di semua usia. Tapi penting untuk diketahui bahwa penuaan rambut juga dipengaruhi oleh gaya hidup dan gen. Ada wanita yang sudah mulai beruban pada usia 25 tahun atau mengalami rambut rontok selama masa kehamilan dan ada juga yang rambutnya tetap tebal dan sehat bahkan saat sudah berusia 50 tahun. Hal ini juga dipengaruhi oleh cara memperlakukan rambutmu pada usia-usia tertentu.

Kamu juga bisa menggunakan produk-produk anti penuaan, tanpa harus membuatmu merasa sudah tua.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Paling Populer

Get Health & Fitness Tips to Your Inbox:

Follow us yah !

Copyright © 2016 All Rights and Contents Reserved by FatFit.net

To Top