Diets

Tidak Disangka! Protein Dapat Membantu Perempuan Untuk Ini…

Mengkonsumsi banyak protein bisa menjadi solusi bagi wanita gemuk yang ingin kurus. Yuk baca!

Wanita muda yang ingin menurunkan berat badan harus mengkonsumsi 300g makanan kaya protein dalam sehari, termasuk tiga hingga empat porsi daging merah tanpa lemak dalam seminggu, menurut sebuah penelitian terbaru.

Penelitian yang dilakukan selama 12 bulan oleh The University of Sydney menemukan bahwa wanita gemuk yang berusia 18 hingga 25 pada umumnya akan mengalami penurunan berat badan sebesar 10 persen setelah menjalani diet kaya protein selama satu tahun.

Menurut penulis utama penelitian tersebut sekaligus dosen dan ilmuwan olahraga di The University of Sydney, mengurangi 10 persen berat badan sangat jarang terjadi dalam penelitian yang mengkaji penurunan berat badan. Bahkan dia pun terkejut karena banyak wanita yang bisa melakukannya hanya dalam enam bulan.

ProteinDietWomen

Perbedaan Dalam Diet Ini

Penelitian tersebut telah dikumpulkan dalam jurnal Diabetes, Obesity and Metabolism for Publication. Ini merupakan yang pertama di dunia karena adanya perbandingan antara keefektifan diet kaya protein dengan diet kaya karbohidrat untuk wanita usia 18 hingga 25.

Diet kaya protein dilakukan dengan mengkonsumsi protein 100 gram sebanyak 3 porsi (misalnya daging tanpa lemak, ikan, telur, kacang polong, atau tahu) dan dua porsi produk olahan susu rendah lemak setiap harinya, dibarengi dengan porsi sedang karbohidrat (empat porsi dalam sehari). Protein sebanyak 100 gram yang dikonsumsi tiga hingga empat porsi disarankan dilakukan dalam waktu satu minggu. 

Diet kaya karbohidrat dilakukan dengan mengkonsumsi protein sebanyak 80 gram dengan jumlah satu porsi dan dua porsi olahan susu rendah lemak dalam sehari, dibarengi dengan lima hingga enam porsi karbohidrat setiap hari.

Kedua diet tersebut memiliki asupan energy yang sama- 1460 kalori (6100 kilojul) dalam sehari- yang juga dilengkapi dengan konsumsi buah dan sayuran dalam porsi yang memadai, dan kedua grup tersebut juga didorong untuk melakukan olahraga selama 30 menit setiap harinya.

Wanita yang mengkonsumsi sedikit protein dan banyak karbohidrat tetap mengalami penurunan berat badan- pada umumnya hanya dibawah 5 persen dari berat badan mereka setelah 12 bulan – jika dibandingkan dengan diet kaya protein, keberhasilannya setengah lebih rendah.



Semua wanita dalam penelitian tersebut awalnya memiliki indeks massa tubuh 27.5 atau lebih tinggi, sehingga mereka termasuk golongan gemuk atau obesitas. 

O’Connor berharap penemuan dalam penelitian tersebut dapat memunculkan penelitian lain dalam masalah ini, dan juga akan mematahkan semangat wanita muda dari melakukan diet instan dan aneh. Menurutnya, banyak wanita dalam penelitian tersebut telah mencoba menurunkan berat badan sebelumnya namun gagal, dan hal itu berdampak pada harga diri dan kepercayaan diri mereka terhadap berat badan.

Kenapa Protein Bermanfaat

Juru bicara Dietitians Association of Australia, Melanie McGrice, mengatakan bahwa protein berperan penting dalam menurunkan berat badan karena dua alasan: protein dapat membuat Kita merasa kenyang lebih lama dan protein menjaga metabolisme Kita tetap stabil. Protein dalah makronutrien dengan tingkat kekenyangan tertinggi. Di dalam tubuh, protein juga membutuhkan banyak energi untuk dilebur serta mampu menjaga tekanan darah tetap normal, dan kedua hal itu baik untuk metabolisme Kita.

Protein juga secara khusus bermanfaat untuk mereka yang kegemukan atau obesitas dan ingin lebih kurus.

McGrice mengatakan, karena orang gemuk memiliki total berat badan yang lebih, mereka membutuhkan asupan protein yang lebih tinggi untuk menyokong masa otot serta metabolisme. Jika kebutuhan protein tubuhmu tidak terpenuhi, yang seringkali terjadi saat melakukan diet asal-asalan, tubuh akhirnya harus membongkar otot sebagai gantinya, yang berdampak dengan menurunnya metabolisme, dan sangat sulit untuk membangunnya kembali.

O’Connor dan McGrice setuju bahwa diet kaya protein tidak harus rendah karbohidrat. Diet protein di dalam penelitian tersebut masih mengandung empat porsi karbohidrat dalam sehari, dimana porsi tersebut sama sekali tidak rendah. O’Connor mengatakan bahwa para peserta diberikan pilihan karbohidrat berupa gandum utuh dan makanan yang rendah GI. Karbohidrat jenis ini membantumu merasa kenyang lebih lama dan menjaga gula darah normal, sama seperti yang dilakukan protein.

Apakah Kuncinya Ada Pada Zat besi?

O’Connor meyakini bahwa kandungan zat besi dalam makanan kaya protein seperti daging merah tanpa lemak memiliki peranan dalam menurunkan berat badan pada wanita muda.



O’Connor mengatakan bahwa kekurangan zat besi sangat biasa terjadi dalam kategori umur tersebut- Mereka menelitinya pada 17 persen dari wanita yang ada dalam penelitian tersebut. Merasa lelah dan tidak bisa berolahraga adalah gejala umum dari kekurangan zat besi dan gejala-gejala tersebut bisa membuat mereka sulit menjalani diet dan olahraga.

Meskipun semua peserta dalam penelitian yang sudah disetujui tersebut memiliki level zat besi yang mencukupi pada awal penelitian, mereka yang menjalani diet tinggi protein memiliki level zat besi yang lebih tinggi pada akhir diet selama 12 bulan dibandingkan mereka yang menjalani diet tinggi karbohidrat.

McGrice setuju bahwa daging merah tanpa lemak adalah sumber zat besi yang baik tapi perlu diperhatikan agar para wanita agar tidak bergantung sepenuhnya pada makanan tersebut untuk mendapatkan asupan zat besi.

Menurutnya Kamu jug bisa mendapatkan asupan zat besi dari produk olahan susu, telur dan tumbuhan polong, disamping gandum utuh, sayuran dengan daun hijau dan sereal bernutrisi. Diet ini juga bisa dilakukan oleh vegetarian dengan panduan dari pakar diet terakreditasi karena memang mengkonsumsi protein hewani itu sangat diperlukan bagi tubuh sehingga vegetarian seharusnya tidak hanya makan sayuran.


Perencanaan Makanan Kaya Protein

Sarapan: bubur (dibuat dengan setengah cup rolled oats, 250 ml susu rendah lemak, 20 gram anggur sultana, ½ sendok kayu manis bubuk dan satu sendok madu)

Makan siang: daging sapi dan pasta salad

Makan malam: 200 gram fillet salmon yang dikukus, dengan 1/3 cup nasi merah, 2 cup sayur kukus (misalnya wortel, bok choy, brokoli) dan satu sendok minyak.

Cemilan: satu potong buah segar; satu tub yogurt rendah lemak dengan segenggam buah beri; atau 1 wortel diiris dengan satu sendok hummus segar.

Tips Membeli Daging Merah Tanpa Lemak

Inilah beberapa tips :

  • Belilah daging cincang premium
  • Pilih steak sirloin daripada pantat sapi
  • Carilah daging yang memiliki lemak total kurang dari 10 persen, atau kurang dari 1o persen per 100 gram
  • Carilah daging dengan lemak yang paling sedikit, atau tanyakan pada tukang daging untuk mengiris lemak-lemak yang terlihat
  • Pastikan kehalalannya untuk Muslim
  • Hindari daging olahan (termasuk sosis)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Paling Populer

Get Health & Fitness Tips to Your Inbox:

Follow us yah !

Copyright © 2016 All Rights and Contents Reserved by FatFit.net

To Top