Wellbeing

Stres Kronis vs Stres Akut

Concerned senior man

Stres biasanya dibagi menjadi dua kategori: stres akut dan stres kronis.

Stres akut adalah stres jangka pendek. Stres kronis adalah stres jangka panjang. Contoh stres akut adalah stres yang Anda derita dalam waktu singkat – seperti kemacetan lalu lintas, pertengkaran dengan pasangan Anda, kritik dari atasan Anda atau seseorang yang menerobos masuk ke rumah Anda saat Anda tidak berada di sana.

Tetapi jika Anda adalah seorang sopir bus dan Anda terjebak dalam banyak kemacetan lalu lintas setiap hari, atau Anda dalam hubungan yang buruk dan Anda berdebat dengan pasangan Anda secara terus-menerus, atau Anda bekerja untuk bos yang sangat mengerikan, atau Anda tinggal di lingkungan yang tinggi kejahatan dan perampokan atau pencurian adalah hal yang relatif umum, ini semua adalah contoh dari stres akut yang dapat berubah menjadi stres kronis.




Tubuh memiliki kemampuan yang baik dalam menangani serangkaian peristiwa yang menyebabkan stres akut. Kita dirancang untuk pulih dengan cepat dari stres jangka pendek. Itulah berapa banyak ahli kesehatan mental yang mendefinisikan ketahanan sebagai: Seberapa cepat Anda pulih dari serangkaian peristiwa stres akut. Tekanan darah, detak jantung, tingkat pernapasan dan tingkat ketegangan otot bisa meroket untuk sementara waktu. Jika Anda masih muda (dan / atau) sehat dan dalam keadaan baik, penanda stres ini dengan cepat kembali ke tingkat normalnya.

Namun, tubuh tidak begitu pandai menangani stres kronis. Seiring waktu, stres kronis secara bertahap meningkatkan detak jantung Anda yang sedang beristirahat, tekanan darah, tingkat pernapasan dan tingkat ketegangan otot sehingga tubuh sekarang harus bekerja lebih keras lagi saat sedang beristirahat agar Anda tetap berfungsi normal.

Dengan kata lain, stres kronis menciptakan keadaan normal baru di dalam tubuh Anda. Dan keadaan normal yang baru ini akhirnya bisa menimbulkan sejumlah masalah kesehatan, termasuk tekanan darah tinggi, penyakit jantung, sakit kronis dan depresi.

Jika Anda menghadapi stres kronis, cobalah memperbaiki keterampilan mengatasi stres Anda dengan berolahraga, meditasi, yoga atau bahkan teknik relaksasi sederhana seperti pernapasan mendalam. Jika Anda dapat menyisihkan sejumlah waktu setiap hari (mulai dari yang sederhana) untuk satu atau lebih dari aktivitas ini, Anda akan mendapati bahwa Anda akan menjadi lebih baik dan lebih baik lagi dalam mengatasi stres.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Paling Populer

Get Health & Fitness Tips to Your Inbox:

Follow us yah !

Copyright © 2016 All Rights and Contents Reserved by FatFit.net

To Top