Men's Fitness

Ternayata! Semangka Bermanfaat Ini Untuk Pria…

Semangka merupakan salah satu sumber terbesar likopen.

Zat ini termasuk golongan karotenoid, suatu pigmen tetrapernoid yang terdapat di dalam kloroplas tumbuhan. Karotenoidlah yang memberikan berbagai macam warna, seperti warna merah, oranye, dan kuning, pada berbagai buah-buahan. Likopen adalah suatu antioksidan, yakni zat yang menangkal berbagai radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas inilah yang menyebabkan berbagai macam kerusakan sel, termasuk sel kelenjar prostat.

Kelenjar prostat merupakan kelenjar eksokrin dari sistem reproduksi pria. Kelenjar ini menghasilkan cairan basa yang mengandung glukosa, protein (enzim proteolitik, fosfatase asam, dan prostate-specific antigen (PSA)), dan zinc. Fungsi cairan yang dihasilkan oleh kelenjar prostat adalah memperpanjang masa hidup sel sperma,melindungi materi deoxyribonucleic acid (DNA) yang berada di dalam sel sperma, dan membantu menetralisasikan suasana asam vagina. Untuk berfungi dengan baik, kelenjar prostat membutuhkan hormone testosteron yang dihasilkan oleh testis.

MakanSemangka

Sel kelenjar prostat dapat berubah menjadi sel kanker, yang biasanya terjadi di usia tua, dan disebabkan oleh berbagai macam penyebab. Salah satu tandanya adalah peningkatan PSA yang melebihi kadar normal dalam darah.

Salah satu penangkal terjadinya kanker adalah pemberian antioksidan. Ada begitu banyak antioksidan yang sudah diketahui, yakni vitamin C, vitamin E, dan vitamin A. Likopen diketahui memiliki aktivitas antioksidan dua kali lebih kuat dibandingkan beta-karoten dan sepuluh kali lipat lebih kuat dibandingkan dengan vitamin C, vitamin E, dan vitamin A. Struktur likopen yang membuat likopen memiliki kemampuan menangkap radikal bebas yang lebih baik dibandingkan dengan jenis karotenoid lainnya.

Asupan likopen sebanyak 20,1 mg/hari selama tiga minggu, akan meningkatkan likopen dalam darah. Buah semangka mengandung 4.100 mikrogram likopen per 100 gram daging buah. Jumlah yang demikian dapat memaksimalkan likopen dalam fungsinya sebagai antioksidan, khususnya untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kanker prostat. Dari suatu penelitian didapatkan bahwa asupan buah semangka dapat menurunkan angka kejadian kanker prostat sebesar 16%. Selain sebagai antioksidan, likopen dalam semangka dapat memaksimalkan memaksimalkan fungsi testis sebagai penghasil hormone testosteron dan sel sperma.



Hormon testosteron dan sperma yang dihasilkan pun memiliki kualitas dan kuantitas yang baik. Hormon testosteron sangat berkaitan dengan libido seorang laki-laki. Untuk memaksimalkan fungsi likopen, cara pengolahan dan konsumsi harus diperhatikan. Lebih baik bila konsumsi likopen dilakukan bersama dengan asupan lemak, misalnya daging atau minyak. Hal ini untuk meningkatkan penyerapan likopen oleh sel usus untuk masuk ke dalam sirkulasi darah. Cara pengolahan buah pun juga harus diperhatikan, yakni pemotongan sampai ukuran yang kecil, untuk membebaskan likopen dari tempat likopen tersebut disimpan di dalam sel.

Jadi, memang semangka memiliki banyak keuntungan karena hadirnya likopen di dalamnya. Namun, di balik semua keuntungan yang diberikan likopen, harus juga didukung oleh pola hidup sehat, seperti tidak merokok, makan makanan dengan gizi seimbang, dan rajin berolahraga.

Source: Fitnessformen.co.id

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Paling Populer

Get Health & Fitness Tips to Your Inbox:

Follow us yah !

Copyright © 2016 All Rights and Contents Reserved by FatFit.net

To Top