Fitness

Jogging Dan Awet Muda? Inilah Fakta Mengejutkan !

Jogging adalah salah satu bentuk olahraga yang ringan dan bisa dilakukan setiap hari. Selain menjaga kebugaran tubuh, ternyata jogging juga bisa memberikan manfaat lain yang lebih hebat dalam jangka waktu yang lama. Sebuah penelitian mengungkap bahwa jogging bisa membuat tubuh lebih awet muda!

Bukan berarti tubuh Anda akan terus terlihat muda, namun jogging bisa membuat fungsi tubuh tetap baik meski sudah berusia lanjut. Hasil penelitian di Humboldt State University dan University of Colorado mengungkap bahwa para manula yang rajin melakukan jogging memiliki fungsi tubuh yang sama dengan orang yang masih berusia 20 tahunan.

Peneliti melakukan pengamatan terhadap manula berusia 65 tahun ke atas. Beberapa di antara mereka melakukan jogging setiap hari, sementara lainnya melakukan olahraga lari. Peneliti menemukan bahwa manula yang melakukan olahraga lari setidaknya 30 menit selama tiga kali seminggu tidak mengalami penurunan fungsi fisik yang berkaitan dengan usia. Mereka bisa berjalan dan berlari sama efisiennya dengan orang berusia 20 tahunan.

33751315-asian-chinese-man-and-woman-jogging-in-city-park
Bahkan faktanya, para manula bisa berjalan tujuh hingga 10 persen lebih efektif dibandingkan dengan orang yang tidak melakukan jogging, seperti dilansir oleh Science Daily (21/11).

“Kami menemukan bahwa manula yang sering melakukan aktivitas fisik seperti jogging memiliki kemampuan fisik yang lebih baik dibanding manula yang gaya hidupnya pasif. Bahkan kemampuan mereka sama dengan dewasa muda yang berusia 20 tahunan,” ungkap Justus Ortega, seorang profesor dari Humboldt State.




Hal ini berkaitan dengan pemakaian energi untuk metabolisme. Semakin tua, pemakaian energi metabolisme akan semakin meningkat sehingga manula akan semakin sulit berjalan dan cepat merasa capek. Dalam penelitian ini diketahui bahwa pemakaian energi metabolisme pada manula yang rajin jogging tetap dan tidak berubah meski mereka semakin menua. Pemakaian energi mereka sama dengan orang dewasa muda di usia 20-an.

Meski begitu, peneliti belum mengetahui apa penyebab orang yang melakukan jogging lebih efisien. Namun mereka percaya hal ini berkaitan dengan mitokondria dalam sel. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa orang yang rajin berolahraga memiliki mitokondria yang lebih sehat pada otot mereka. Kesimpulannya, rajin berolahraga bisa membuat tubuh Anda awet muda dalam hal fungsi dan kebugaran. Kenapa tak mulai biasakan jogging mulai hari ini?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Paling Populer

Get Health & Fitness Tips to Your Inbox:

Follow us yah !

Copyright © 2016 All Rights and Contents Reserved by FatFit.net

To Top