Wellbeing

Tips Menghindari Makanan Tidak Halal Selama Traveling

japan_halal

Bepergian melintasi berbagai negara di seluruh dunia memang sangat menarik dan juga kesempatan untuk mengisi ulang baterai Anda, merasakan suasana baru dan pemandangan yang berbeda. Namun, bagi pelancong Muslim, menemukan makanan halal di pesawat atau di jalan tidak selalu semudah di tanah air.

Meskipun kata halal mulai dikenal secara umum dalam bahasa sehari-hari di Amerika Serikat dan Eropa, istilah ini tidak seterkenal istilah seperti koshervegan, vegetarian atau gluten-free. Bisa dikatakan, restoran, perusahaan penerbangan, hotel dan supermarket mungkin salah paham atau sama sekali tidak mengetahui gaya hidup makanan Islami bagi umat Muslim yang tidak boleh mengonsumsi daging babi, alkohol dan semua produk sampingannya.

Sebagai seorang pelancong Muslim, bagaimana Anda bisa memastikan bahwa Anda dan keluarga Anda makan halal saat bepergian? Berikut adalah beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menemukan makanan yang sesuai dengan gaya hidup halal Anda, memuaskan selera makan wisatawan yang lapar, dan memungkinkan Anda untuk merasakan masakan dan budaya lokal sebanyak mungkin.

Persiapan Menjelang Perjalanan

Lakukan sedikit riset tentang tempat tujuan Anda sebelum pergi, yang bisa menghemat waktu berharga selama perjalanan. Entah itu perjalanan untuk bisnis atau liburan, siapa yang ingin membuang waktu berkeliling berputar-putar hanya untuk mampir dan bertanya ke tiap restoran jika mereka menyajikan makanan halal?

Carilah informasi di Internet mengenai situs untuk menemukan restoran, supermarket dan bahkan maskapai penerbangan yang menyajikan makanan halal. Masukkan nama negara tujuan Anda untuk mengetahui tempat-tempat yang menyajikan makanan halal dan bagaimana penilaian otentikasinya (yaitu jaminan lisan, pernyataan dari lembaga otorisasi Islam setempat, dll).

Makan halal di pesawat bahkan sebelum sampai ke tempat tujuan Anda. Carilah daftar maskapai penerbangan yang menyajikan makanan halal di penerbangan mereka. Beberapa di antaranya hanya memiliki jaminan lisan dan beberapa yang lainnya sebenarnya malah tidak terverifikasi. Bila ragu, cari dan pilihlah yang terdaftar sebagai “halal certificates on display” atau “Islamic authorization.”




Bicaralah dengan teman dan keluarga Anda untuk mengetahui apakah mereka mengenal seseorang di tempat tujuan Anda. Anda akan terkejut berapa banyak orang yang memiliki teman dan kolega di tempat-tempat yang tidak pernah mereka sebutkan sebelumnya. Biasanya orang akan dengan senang hati untuk mengarahkan Anda ke restoran kecil yang dikelola keluarga, yang menyediakan sumber makanan halal, yang tidak terdaftar di situs web manapun. Sebagai bonus, terkadang mereka bahkan akan menunjukkannya kepada Anda secara langsung sambil mengantar Anda berkeliling.

Jika Anda tidak mengenal seseorang di tempat tujuan Anda, hubungi masjid setempat. Carilah informasi mengenai masjid terdekat di tempat tujuan Anda dan temukan rincian kontaknya. Telepon atau kirim email dan ajukan pertanyaan tentang bagaimana dan di mana Anda dapat menemukan restoran dan pasar di daerah tersebut. Mereka bahkan mungkin memberi tahu Anda tentang acara yang akan datang atau makan malam yang akan berlangsung dimana Anda dapat bertemu orang-orang baru dan makan malam halal yang menyenangkan secara bersamaan.

Kemas dan bawa makanan ringan halal dan sehat serta makanan instan seperti oatmeal atau couscous untuk mengurangi rasa lapar Anda. Di beberapa toko dan supermarket di AS dan Eropa, Anda akan menemukan kacang-kacangan dalam kemasan, buah-buahan kering dan vegetarian cereal bars tanpa tambahan sodium atau bahan-bahan yang tidak sehat seperti MSG.

Bawa peralatan Anda sendiri untuk makan di perjalanan dan hot pot atau panci mini elektrik untuk di kamar hotel Anda. Anda mungkin menemukan beberapa tempat yang sangat menarik untuk berbelanja makanan segar di pasar terbuka di tempat tujuan Anda. Anda bahkan mungkin bisa melakukan piknik kecil-kecilan dengan makanan yang Anda temukan. Jika Anda harus tinggal di dalam ruangan atau kamar hotel untuk sarapan pagi atau menyelesaikan pekerjaan, panci yang Anda bawa akan memungkinkan Anda membuat makanan sendiri untuk sementara. Pastikan membawa adaptor outlet listrik jika bepergian ke luar negeri.

Rileks, dan Nikmati Perjalanan Anda

Mengetahui bahwa Anda telah melakukan segala sesuatu yang memungkinkan untuk makan halal saat bepergian dapat benar-benar memberikan Anda pikiran yang tenang sebelum dan selama Anda pergi.

Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk merencanakan sebelumnya, cukup berbelanja di toko-toko lokal untuk produk yang alami saja (buah-buahan, sayuran, roti, madu, dll), karena di dalam makanan kemasan tampaknya memiliki bahan-bahan yang biasanya banyak dipertanyakan kandungannya. Simpan di lemari es hotel atau belilah makanan yang tidak akan cepat busuk atau basi jika ditinggalkan.

Saat bersantap di luar, pilihlah makanan yang sedikit pengolahan, vegetarian atau makanan laut, yang bisa Anda pastikan tidak dibuat dengan daging babi atau alkohol di dalamnya. Meminta dengan sopan untuk mengetahui lebih banyak tentang pengolahan makanan segera setelah Anda membaca menunya akan memberikan pengertian kepada pelayan tentang kebutuhan makanan Anda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Paling Populer

Get Health & Fitness Tips to Your Inbox:

Follow us yah !

Copyright © 2016 All Rights and Contents Reserved by FatFit.net

To Top