Health

Tips Sehat untuk Merayakan Idul Fitri

Tetap sehat saat idul fitri

Idul Fitri adalah hari yang dirayakan oleh umat Muslim setelah satu bulan berpuasa selama Ramadan. Inilah saatnya keluarga berkumpul untuk beribadah dan merayakan momen ini.

Makanan merupakan bagian penting dari setiap jenis perayaan. Setelah sebulan berpuasa, orang harus kembali ke jadwal makan pra-Ramadan atau kebiasaan makan normal. Hal ini dapat menyebabkan mulas atau gangguan pencernaan pada awalnya karena memerlukan waktu bagi tubuh untuk menyesuaikan diri dengan perubahan kebiasaan makan yang mendadak. Untuk alasan ini, penting untuk memulai dengan makanan yang tidak terlalu keras pada sistem pencernaan.

Berikut adalah beberapa tips untuk merayakan Idul Fitri dengan cara yang sehat.

Hindari makanan berat

Makanan dengan kadar lemak dan gula tinggi sering menyebabkan masalah pencernaan. Karena makanan ini memakan waktu lebih lama untuk dicerna, mereka tetap berada di perut untuk waktu yang lama dan menyebabkan gangguan lambung, gangguan pencernaan, perut kembung dan sakit maag. Saat kembali ke kebiasaan makan yang normal, mulailah dengan makanan yang ringan dan pilih bahan makanan dan cara memasak yang sehat.

Makan makanan dalam porsi kecil tapi sering

Makan makanan berat dengan porsi besar dalam sekali makan bisa membuat masalah lambung. Semakin besar porsi makanannya, semakin lama waktu yang dibutuhkan perut untuk mencernanya. Mengkonsumsi makanan dengan porsi sedikit tapi sering membuat perut lebih mudah untuk mencernanya dan ini juga merangsang metabolisme. Lebih baik menjaga jeda singkat di antara waktu makan, seperti 3-4 jam daripada jeda yang lama seperti 6-7 jam. Jangan makan terlalu kenyang, biarkan perut Anda beradaptasi terlebih dahulu karena selama bulan puasa, perut sudah terbiasa kosong. Nikmati sajian di hari Idul Fitri dengan porsi yang wajar.

Pilihlah bahan makanan yang sehat

Makanan non-vegetarian seperti daging-dagingan adalah yang paling populer di saat ini dan cenderung membentuk sebagian besar makanan Anda. Selalu pilih potongan yang lebih kecil dan buang lemak yang terlihat dengan benar sebelum dimasak. Sementara untuk membuat makanan atau minuman yang manis, hindari susu kental dalam jumlah banyak dan berhati-hatilah dengan penggunaan gula Anda. Ide bagus lainnya adalah menambahkan makanan yang mengandung gula alami seperti buah segar atau buah kering. Minum banyak air dan makan makanan berserat agar perut terasa lebih ringan dan segar.




Memilih metode memasak yang sehat

Alih-alih menggoreng makanan, sebagai gantinya bisa dengan cara dipanggang, dibakar, atau barbecue. Misalnya makanan seperti ayam panggang, ikan / ayam bakar dengan bumbu herbal, sandwich panggang / roti bakar, atau ikan rebus dengan bumbu herbal. Juga hindari memasak ikan dan sayuran yang terlalu lama, karena panas yang berlebihan akan menyebabkan hilangnya vitamin dan mineral penting.

Konsumsilah sedikit garam

Jangan gunakan garam berlebihan dalam resep apapun. Garam dapat diganti dengan bumbu dan rempah-rempah seperti peterseli, thyme, rosemary, bubuk ketumbar, bubuk lada, bubuk cabai dan jus lemon. Bumbu dan rempah ini kaya akan antioksidan, vitamin, mineral, minyak sehat dan beberapa di antaranya juga memiliki sifat anti bakteri. Ini menjadikan mereka pilihan yang lebih baik dibandingkan dengan garam.

Menjaga silaturahmi tanpa harus kelelahan

Jangan memaksakan diri untuk saling berkunjung jika tubuh sudah merasa lelah. Sebagai gantinya, istirahatlah dan saling berkunjung bisa dilanjutkan malam hari, karena di malam hari, tubuh terasa lebih nyaman dan udara tidak panas.

Tidur yang cukup

Sesuaikan waktu tidur dengan porsi normal, yaitu 8 jam sehari, terutama sehari sebelum Idul Fitri untuk menyediakan energi agar tetap segar saat lebaran.

Selamat merayakan Idul Fitri bersama keluarga dan sahabat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Paling Populer

Get Health & Fitness Tips to Your Inbox:

Follow us yah !

Copyright © 2016 All Rights and Contents Reserved by FatFit.net

To Top