Diets

Trend Saat Ini: Diet DASH

Diet ini memuncaki chart diet Amerika dan memenangkan Best Diet Overall keenam kalinya secara berturut turut.

Apa itu DASH?

DASH adalah kepanjangan dari Dietary Approches to Stop Hypertension, dan diet ini dikembangkan oleh penelitian yang disponsori oleh US National Institutes of Health. Diet ini dinilai sebagai diet nomor satu di dunia (selain sebagai diet paling sehat dan diet terbaik untuk penderita diabetes) oleh US News & World Report selama enam tahun.

Diet ini juga dikatakan sebagai sebuah pendekatan seumur hidup untuk memelihara hidup sehat daripada sekedar melakukan diet sementara karena diet ini merupakan perombakan diet yang efektif untuk menurunkan dan mencegah tekanan darah tinggi.

Disamping diet ini sudah terbukti bisa menurunkan tekanan darah dan kolesterol, DASH juga dapat menurunkan resiko berbagai penyakit yang berkaitan dengan hipertensi seperti stroke dan jantung. Dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet ini juga menurunkan resiko beberapa jenis penyakit kanker seperti kanker colon.

Katie Thomsitt, praktisi ahli diet terakreditasi dan juru bicara wanita untuk Dietitians Association of Australia mengatakan bahwa sekarang ini ada penelitian yang menunjukkan bahwa DASH juga bisa membantu mengontrol gula darah, tapi dia menambahkan bahwa kasus ini pun membawa perubahan yang menarik.

Menu Diet

Menu diet DASH adalah makanan rendah lemak jenuh dan kolesterol, makanan berprotein sedang dan makanan yang kaya kalsium, serat serta magnesium. Ini berarti makanan yang diproses, tinggi sodium dan gula harus dikurangi dan diganti dengan buah dan sayuran, produk olahan susu yang rendah lemak, daging putih tanpa lemak seperti ikan dan unggas, gandum utuh dan kacang serta kacang-kacangan.

Mungkin menu tersebut terlihat seperti makanan untuk diet pada umumnya, tapi perlu diketahui bahwa porsinya berbeda.

Banyaknya buah dalam diet DASH adalah empat porsi dalam sehari ditambah lima porsi sayuran. Daging merah tanpa lemak yang dikonsumsi juga berkurang menjadi satu atau dua kali saja dalam seminggu.

DashDiet

Diet DASH dan Mediterranean hampir sama, tapi perbedaan yang paling mencolok adalah diet Mediterranean menyarankan lebih banyak konsumsi makanan bebas lemak jenuh atau rendah lemak jenuh, lebih banyak ikan berlemak dan sedikit saja makan daging.  

Bagaimana Pengaruhnya Terhadap Berat Badan

Ada banyak pembahasan mengenai keperluan diet dalam DASH (beberapa peserta diet ini berhasil menurunkan 8kg dalam empat bulan, menurut beberapa penelitian), namun berat badan adalah prioritas kedua dalam diet yang diperuntukkan guna meningkatkan kesehatan dan diet ini tidak disarankan untuk mereka yang bertujuan ingin menurunkan berat badan.




Thomsitt mengatakan bahwa saat Kamu mengubah pola makanmu dengan mengkonsumsi banyak buah dan sayur serta mengurangi ketergantunganmu pada gula, kamu bisa berpotensi lebih kurus, tapi diet ini tidak dibuat untuk menurunkan berat badan.

Ada beberapa buku diet terkenal yang menggunakan metode diet DASH, misalnya The DASH Diet Weight Loss Solution, yang lebih menekankan pada diet rendah kalori dan dapat membantu menurunkan berat badan.

Siapa yang Paling Tepat Melakukan Diet DASH?

Rendahnya konsumsi sodium dalam diet ini kurang cocok bagi mereka yang memiliki darah rendah dan rendahnya konsumsi daging merah juga kurang baik untuk wanita yang membutuhkan asupan zat besi tinggi misalnya wanita hamil.

Diet ini dibuat untuk mereka yang mengalami hipertensi atau mereka yang memiliki riwayat hipertensi dalam keluarganya. Thomsitt menyarankan untuk terlebih dahulu mengkonsultasikannya dengan doktermu atau ahli diet sebelum melakukannya.

Tentunya, mengontrol makanan saja tidak akan cukup untuk memperbaiki dietmu. DASH merupakan representasi dari gaya hidup sehat yang juga memerlukan olahraga. Hanya melakukan diet tidak akan secara dramatis menurunkan tekanan darahmu. Thomsitt juga menyarankan bahwa sambil melakukan DASH Kamu perlu melakukan olahraga sedang selama 30 menit secara teratur setiap hari.

Diet DASH dalam sehari

Sarapan : rolled oats atau bran dengan susu rendah lemak dan sepotong buah

Cemilan : buah dan/atau satu cup sayur kukus

Makan siang :sandwich gandum dengan keju rendah lemak, salad, dan ayam serta sepotong buah.

Makan malam : homemade casserole dengan kacang-kacangan, disajikan dengan salad dan sepotong buah.

Makanan DASH

Perbanyak:

  • Gandum utuh (-8 porsi)
  • Sayur (5 porsi)
  • Buah (4 porsi)

Porsi sedang dari:

  • Produk olahan susu rendah lemak (2-3 porsi)
  • Daging tanpa lemak/unggas/telur/ikan (2 porsi)

Sedikit Asupan dari:

  • Kacang-kacangan/biji-bijian/kacang polong (1/2-1 porsi)
  • Minyak sayur (2-3 porsi)

Hampir tidak mengkonsumsi:

Garam, daging merah berlemak, makanan manis

*berdasarkan 2000 kalori diet per hari

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Paling Populer

Get Health & Fitness Tips to Your Inbox:

Follow us yah !

Copyright © 2016 All Rights and Contents Reserved by FatFit.net

To Top